Inisiatif program tanggung jawab sosial perusahaan atau CSR harus selaras dengan strategi pertumbuhan bisnis. Dampak program CSR harus mendukung bisnis agar terus tumbuh berkelanjutan.

Demikian diungkapkan penulis Buku Cegah Korupsi dengan Pendekatan Governansi, Manajemen Risiko, dan Kepatuhan (GRC) yang juga Ketua Dewan Juri TOP CSR Awards 2024 Mas Achmad Daniri dalam acara Penghargaan TOP CSR Awards 2024 di Jakarta, Rabu (29/5).

Mas Achmad memaparkan, proses penilaian dan penjurian kompetisi yang diikuti sejumlah BUMN, BUMD dan perusahaan swasta itu juga harus sejalan dengan berbagai regulasi standar, termasuk ISO 26000 yang mengatur tentang tata kelola CSR. Perumusan strategi dan implementasi CSR harus menjadi bagian dari perencanaan, pelaksanaan, serta pelaporan perusahaan.

“Berbagai kriteria itu kami terapkan dalam proses penjurian, termasuk juga ketika program CSR sebuah institusi dapat menjadi contoh bagi perusahaan lain serta Ketika pimpinan perusahaan berkomitmen tinggi dalam mendukung kebijakan dan implementasi CSR di perusahaannya,” papar Mas Ahmad.

Adapun acara TOP CSR Awards 2024 ini diikuti oleh hampir 1.000 perusahaan di Indonesia, dimana sebanyak 152 perusahaan mengikuti penilaian secara lengkap. Ada beberapa anggota APBI-ICMA yang mengikuti penilaian secara lengkap seperti seperti Kideco Jaya Agung, Multi Harapan Utama, Berau Coal, Bukit Asam Tbk., Indo Tambangraya Megah Tbk., Bumi Resources Tbk., hingga Sucofindo.

Pada tahun 2024, tema yang diusung adalah Inovasi-Inovasi Program CSR serta ESG (environmental, social, governance) yang dapat mendukung tumbuhnya bisnis perusahaan secara berkelanjutan. Tema tersebut pun bertujuan mendorong perusahaan-perusahaan untuk mengimplementasikan ESG dan CSR dengan mengadopsi ISO 26000 SR dan ESG.

Perusahaan perlu lebih bertanggung jawab terhadap dampak yang ditimbulkan dari operasional bisnis. “Jika tanggung jawab tersebut berjalan, maka banyak masalah sosial-ekonomi di Indonesia teratasi dengan sendirinya,” kata M. Lutfi Handayani, Pemimpin Redaksi Majalah TopBusiness tersebut. Lutfi mengatakan bahwa TOP CSR Awards merupakan kegiatan penilaian dan pemberian penghargaan bidang CSR yang tertinggi, dan insya Allah yang terbesar dan paling membanggakan di Indonesia, yang diberikan kepada perusahaan-perusahaan yang beroperasi di Indonesia, yang dinilai berhasil dalam menjalankan program CSR/ TJSL/Community Development, yang efektif dan berkualitas.