Jakarta: Harmonisasi hubungan antara manusia dan lingkungan untuk mencapai keberlanjutan merupakan salah satu fokus pengembangan seluruh negara di dunia, termasuk Indonesia. Kolaborasi strategis mitra nasional dan internasional terus dilakukan semua pihak baik pemerintah maupun swasta untuk mencapai nol emisi karbon atau Net Zero Emissions (NZE) pada 2060.

Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin mengatakan upaya mencapai keberlanjutan lingkungan melalui Net Zero Emissions harus seiring dengan tujuan pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals). Dia menegaskan Indonesia berkomitmen penuh untuk mencapai NZE 2060.

“Saya berharap melalui NATURE Forum 2024 yang diselenggarakan oleh Nusantara TV ini, secara inklusif dapat menjadi wadah bagi pemangku kepentingan untuk mendorong semua pihak mencapai bebas emisi karbon pada tahun 2060,” kata Ma’ruf Amin dalam acara Nusantara Sustainability Trend Forum (NATURE Forum 2024), Jakarta, dilansir pada Kamis, 29 Februari 2024.

Sementara itu, Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika, Nezar Patria mengatakan Kementerian Komunikasi dan Informatika turut berkontribusi aktif dalam mendukung NZE. Salah satunya melalui transformasi digital dengan melibatkan mitra strategis nasional dan internasional. 

“Digitalisasi dapat mengurangi emisi gas karbon dan mencapai keberlanjutan lingkungan melalui teknologi penggunaan AI. Dampak positif digitalisasi untuk keberlanjutan lingkungan meliputi dekarbonisasi aksi iklim, dematerialisasi untuk kelestarian alam, dan detoksifikasi untuk mencegah polusi,” ujar Nezar.

Jalur Rempah

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Kebudayaan Kemendikbud Ristek Hilmar Farid menyampaikan bahwa Indonesia merupakan negara dengan kekayaan biokultural yang luar biasa dan tidak ada tandingannya di dunia. Kemendikbud Ristek menginisiasi program Jalur Rempah sebagai salah satu program perwujudan dari kekayaan biokultural Indonesia tersebut.  

Jalur Rempah bekerja dengan mengaktifkan konektivitas jalur perdagangan maritim rempah internasional. Dalam Jalur Rempah, generasi muda diajak bersama-sama masyarakat mengidentifikasi sumber-sumber komoditas rempah yang potensial, sehingga tidak ada lagi yang terkubur. 

Staf Ahli Menteri, Bidang Keuangan & Pengembangan UMKM Kementerian BUMN, Loto Srinaita Ginting memaparkan inisiatif Kementerian BUMN dalam mencapai dekarbonisasi atau NZE meliputi lima aspek utama. Yakni, mengembangkan energi terbarukan, transaksi energi dan mengurangi ketergantungan PLTU, membangun ekosistem kendaraan listrik, nature-based solution, dan karakter Indonesia hijau seperti green dan blue hydrogen. 

Dalam mencapai NZE dan harmonisasi lingkungan, pengelolaan alam yang baik harus dilakukan dengan memperhatikan 3P combination, yakni Planet, People, dan Profit. Terkait hal ini, Indonesia melalui semua lini bisnis dan perusahaan turut berkontribusi besar terhadap pencapaian Net Zero Emissions pada 2060 dengan mengedepankan kombinasi 3P.

Sumber: https://www.medcom.id/nasional/peristiwa/zNAQnY2N-wapres-tegaskan-indonesia-berkomitmen-penuh-mencapai-nol-emisi-karbon-2060