Jambi – Provinsi Jambi kembali menjadi sorotan investor asing. Investor asal China, bekerja sama dengan PT Sinar Gunung Moile (SGM) sebagai konsorsium operasi (KSO), melihat potensi besar di provinsi ini dan berencana untuk melakukan investasi besar-besaran dalam sektor hilirisasi batubara dan kelapa sawit.

Potensi sumber daya alam Jambi memang menggiurkan. Dengan cadangan batubara mencapai 1,4 miliar ton dan lahan sawit sekitar 1,3 juta hektare, Jambi menawarkan peluang investasi yang sangat menarik. Jika rencana ini terealisasi, hilirisasi batubara dan sawit akan menghasilkan produk-produk bernilai tinggi seperti gas LPG, biosolar, avtur, naphta, dan pembangkit listrik.

Investasi yang ditawarkan mencapai ratusan triliun rupiah. Namun, untuk tahap awal, konsorsium ini berencana menginvestasikan sekitar 1 miliar dolar AS atau setara dengan Rp 16 triliun. Mr. Lie, salah satu pemilik perusahaan asal China, melalui perwakilan PT SGM, Joko, menyampaikan bahwa Jambi dipilih karena potensi sumber daya alamnya yang melimpah dan posisinya yang strategis untuk investasi.

Sumber: https://www.beritasatu.com/network/jambilink/237875/investor-china-tertarik-berinvestasi-di-jambi-rencana-besar-hilirisasi-batubara-dan-sawit