Surabaya (ANTARA) - PLN Nusantara Power (PLN NP) memanfaatkan 10.000 ton Fly Ash dan Bottom Ash (FABA) atau abu pembakaran batubata dari target 60.000 ton untuk mendukung pembangunan proyek infrastruktur Ibu Kota Nusantara (IKN) tahap pertama hingga Agustus 2024.

“Ini akan digunakan sebagai bahan campuran dalam berbagai proyek infrastruktur pembangunan IKN dan pendukungnya,” kata Direktur Utama PLN Nusantara Power Ruly Firmansyah di Surabaya, Jawa Timur, Senin.

Beberapa proyek yang telah menggunakan FABA PLN NP melalui unit pembangkit terdekat IKN yaitu Kaltim Teluk meliputi tol IKN sejauh kilometer yang menghubungkan Kota Balikpapan dengan Kabupaten Penajam Paser Utara.

UP Kaltim Teluk sendiri berlokasi strategis di Kota Balikpapan, dengan kapasitas 2x110 MW dan menghasilkan Fly Ash sebanyak 150 ton per hari serta Bottom Ash sebesar 50 ton per hari.

Ruly menuturkan serapan tersebut akan semakin meningkat pada tahap pembangunan tahap selanjutnya seiring adanya persyaratan pemanfaatan FABA dalam pembangunan infrastruktur ini.

“Dari total FABA yang dihasilkan 70 persen ditargetkan untuk dimanfaatkan dalam pembangunan IKN,” ujar Ruly.

Sumber: https://kalbar.antaranews.com/berita/591759/abu-batubara-jadi-bahan-campuran-untuk-proyek-infrastruktur-ikn