CATATAN DARI TALKSHOW KEMENKO MARVEST

Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marvest) mengadakan acara (26/9) yang mengulas terkait tantangan Life Cycle Assessment (LCA) di dunia Pertambangan. LCA merupakan sebuah instrumen penting dalam penilaian lingkungan, terlebih di industri pertambangan. Deputi Bidang Koordinasi Investasi Dan Pertambangan, Septian Hario Seto dalam sambutan membahas bahwa kedepannya, LCA ini menjadi unsur penting untuk menguji proses pertambangan khususnya dalam upaya pengurangan emisi. Hal ini juga berhubungan dengan syarat-syarat yang akan diberlakukan di negara-negara lain yang sangat ketat memantau unsur lingkungan.

Bimo Wijayanto, Asisten Deputi Investasi Strategis Kemenko Marvest menjelaskan bahwa LCA telah menjadi standar selain ISO yang diberlakukan di Indonesia. Pemberlakuan LCA cepat atau lambat akan menjadi kewajiban mengingat pasar ke depan juga akan menilai unsur hijau dan keberlanjutan atas lingkungan.

Dari sektor pertambangan baru 15 perusahaan yang telah memasukan LCA dengan metode cradle to grave. Selama ini kajian yang ada baru menggunakan batasan cradle to gate belum cradle to grave. Padahal kajian hingga cradle to grave, menurut Nety Widayati selaku Direktur Pengendalian Pencemaran Air Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) akan lebih penting. Ia mencontohkan penggunaan baterai misalnya, sedianya dapat dianalisa hingga akhir. Cradle atau proses penambangannya mempunyai dampak yg sangat besar jadi harus diminimalisir adalah saat proses penambangannya. Dengan kajian menyeluruh, dampak yang ditimbulkan juga akan terperinci sehingga mitigasi dan upaya perbaikan lingkungan yang harus dilakukan juga dapat lebih tepat sasaran.

Bagi Ehsan Vaidi yang merupakan perwakilan dari University of Nevada, LCA adalah hal penting bagi perusahaan hingga pemerintah yang dimana salah satunya LCA dapat bermanfaat untuk mengidentifikasi peluang dalam peningkatan kinerja kegiatan lingkungan dari produk yang dihasilkan. Bagi pemerintah pun LCA dapat bermanfaat sebagai informasi untuk mengambil keputusan dalam perencanaan strategi, pengaturan prioritas, dan produk atau proses rancangan.

Life Cycle Assessment ini merupakan komponen yang sangat bermanfaat bagi perusahaan. Selain untuk memperbaiki kinerja lingkungan dalam proses produksi juga kontribusi bagi lingkungan, LCA juga bermanfaat untuk menghemat pengeluaran produksi perusahaan.

Related Regular News: