Impor Batubara China dari Rusia pada Bulan April 2022 Catatkan Rekor

Sumber: https://internasional.kontan.co.id/news/impor-batubara-china-dari-rusia-pada-bulan-april-2022-catatkan-rekor

 

KONTAN.CO.ID - BEIJING. Impor batubara China dari Rusia, bahan baku utama untuk pembuatan baja, mencapai rekor pada bulan April, data pengiriman menunjukkan, didorong oleh diskon yang tajam dibandingkan dengan pemasok lain dan peningkatan ketersediaan kredit bank untuk pembeli China.

 

Rekor 1,37 juta ton batu bara kokas Rusia tiba di China pada bulan April, menurut data yang dilacak oleh perusahaan analitik Kpler. Itu dibandingkan dengan 922.673 ton pada Maret dan hanya di bawah 750.000 ton pada April 2021.

 

China mengimpor rata-rata 4,55 juta ton batu bara kokas setiap bulan pada tahun 2021 dari semua sumber. Pasar batubara global telah kacau sejak invasi Rusia ke Ukraina memicu kekhawatiran sanksi terhadap bahan baku yang diekspor dari Rusia, produsen batubara terbesar keenam.

 

Sementara sebagian besar importir telah menghindari pasokan Rusia sejak Moskow meluncurkan apa yang disebut operasi khusus pada Februari, beberapa pembeli di konsumen batubara top China secara agresif meningkatkan pembelian bulan lalu setelah mereka mendapatkan pengaturan kredit yang diperlukan dengan bank.

 

Perdagangan batubara antara China dan Rusia terhenti pada akhir Februari ketika bank-bank menangguhkan penerbitan letter of credit karena Amerika Serikat dan sekutunya berjanji untuk memblokir akses bank-bank Rusia tertentu ke sistem pembayaran internasional SWIFT.

 

Namun, karena beberapa bank China melonggarkan pembatasan surat kredit kepada klien tertentu, perdagangan batubara dengan Rusia dilanjutkan pada bulan Maret, meskipun beberapa rintangan, seperti pengiriman dan asuransi, tetap ada.

 

"Perusahaan yang memenuhi syarat untuk memperoleh surat kredit melahap batubara Rusia yang murah, tidak hanya untuk diri mereka sendiri tetapi juga untuk dijual kembali kepada mereka yang memiliki masalah pembayaran," kata seorang pedagang batubara yang berbasis di Beijing yang menolak disebutkan namanya karena dia tidak berwenang untuk berbicara kepada media.

 

Data arus perdagangan refinitiv menunjukkan bahwa kedatangan batubara termal plus kokas Rusia mencapai 4,37 juta ton di bulan April, dua kali lipat dari bulan sebelumnya. Data bea cukai China menunjukkan bahwa total impor batu bara pada April naik 43 persen dari Maret. Data impor berdasarkan asal akan dipublikasikan pada 20 Mei.

Related Regular News: