Strategi Semen Indonesia Hadapi Kenaikan Harga Batu Bara

Sumber : https://www.liputan6.com/saham/read/4654448/strategi-semen-indonesia-hadapi-kenaikan-harga-batu-bara

 

PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) berupaya mengatasi kenaikan harga batu bara pada 2021. Harga batu bara tembus di atas USD 100 per ton.

Direktur PT Semen Indonesia Tbk, Doddy Sulasmono Diniawan mengatakan, pihaknya akan mencoba menggunakan batu bara berkalori rendah mengatasi kenaikan harga batu bara yang tinggi.

“Ini supaya tak head to head penggunaan batu bara secara umum,” ujar Doddy saat paparan publik live 2021, ditulis Jumat (10/9/2021).

Selain itu, perseroan juga menjajaki kontrak jangka panjang bara dan repricing price tiga bulanan untuk hadapi kenaikan harga batu bara. Doddy mengakui, kenaikan harga batu bara akan berdampak pada kinerja semester II 2021. Hal ini mengingat perseroan telah teken kontrak batu bara pada semester I 2021.

“(Dampak kenaikan harga batu bara-red) akan tetap terjadi pada paruh kedua 2021,” ujar dia.

Terkait dampak pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM), Doddy menuturkan, pertengahan Agustus 2021 sudah mulai ada peningkatan permintaan di Jawa Barat, sebagian Jawa Tengah dan Banten.

Hal ini sejalan dengan pelonggaran PPKM yang banyak terjadi di wilahan itu. Peningkatan permintaan itu tak hanya produk semen tetapi juga produk lainnya. “Termasuk fiber cemen, bata ringan. Curah sudah ada peningkatan duluan di Lebaran,” ujar dia.

Related Regular News: