Jaga Keandalan Listrik, Sinergi 3 BUMN Amankan Pasokan Batu Bara

Sumber : https://www.medcom.id/ekonomi/bisnis/ObzVPx7b-jaga-keandalan-listrik-sinergi-3-bumn-amankan-pasokan-batu-bara

 

PT PLN (Persero), PT Bukit Asam Tbk (PTBA), dan PT KAI (Persero) berkomitmen menjaga pasokan batu bara untuk mempertahankan keandalan listrik bagi masyarakat. Kepastian pasokan batu bara jangka panjang merupakan faktor penting bagi PLN dalam penyediaan dan keberhasilan mempertahankan keandalan listrik bagi seluruh pelanggan.
 
Komitmen tersebut dibukukan dalam penandatanganan nota kesepahaman kerja sama strategis BUMN pengaman rantai pasokan untuk ketahanan ketenagalistrikan nasional, yang dilakukan oleh Direktur Energi Primer PLN Rudy Hendra Prastowo, Direktur Pengembangan Usaha PTBA Fuad Fachrudin, dan Direktur Niaga KAI Dadan Rudiansyah.
 
Disaksikan secara langsung oleh Wakil Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo, Direktur Utama PTBA Suryo Eko Hadianto, dan Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo.
 
Wakil Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, menyampaikan kerja sama dengan kedua BUMN ini telah dilakukan sejak 1980-an. Darmawan mengatakan ketenagalistrikan termasuk sektor yang highly regulated. Oleh karena itu, sinergi ketiga BUMN ini saling menguntungkan semua pihak.
 
"Semangat dari nota kesepahaman ini yang pertama adalah keadlian bagi semuanya. Kedua, dalam hal transparansi untuk membangun trust. Dan yang terakhir ada semangat kebersamaan sehingga kolaborasi ini kokoh dan dapat membawa kejayaan bersama menuju masa depan," kata Darmawan dalam keterangan resmi, Kamis, 19 Agustus 2021.
 
Selama ini, PTBA sudah dikenal sebagai perusahaan yang memiliki tambang batu bara dengan cadangan yang cukup besar dan kualitas yang dapat memenuhi sebagian kebutuhan PLTU PLN.
 
Di sisi lain, KAI selama ini telah menjalin kerja sama dengan PTBA untuk menjamin keandalan dan kelancaran pengiriman batu bara dari tambang sampai dengan pelabuhan muat.
 
Sebelumnya, kerja sama antara PLN, PTBA, dan KAI telah dilaksanakan untuk spesifikasi batu bara dengan kalori menengah (medium rank coal).
 
Melihat kebutuhan operasional PLN yang akan semakin meningkat untuk masa mendatang, diharapkan rencana kerja sama yang baru ini dapat menciptakan added value bagi seluruh pihak, termasuk peningkatan jaminan ketersediaan batu bara (security of supply) dengan biaya yang kompetitif.
 
Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama PTBA Suryo Eko Hadianto menyambut baik kemitraan dengan PLN. Pihaknya berkomitmen mendukung PLN menghadirkan bahan bakar untuk menghasilkan listrik yang terjangkau bagi masyarakat.
 
"Ini adalah amanah negara untuk Bukit Asam, PLN, KAI menyediakan energi bagi bangsa yang sustain secara jangka panjang, kompetitif dari biaya, dan terjaga keandalannya," ujar Suryo Eko.
 
Suryo juga berharap langkah awal sinergi berupa penandatanganan nota kesepahaman ini bisa segera dilanjutkan dengan Head of Agreement (HoA) dalam waktu secepatnya.
 
Hal yang sama juga diutarakan oleh Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo. Didiek sangat mendukung adanya kerja sama ini.
 
“KAI menganggap ini suatu milestone yang sangat penting dalam meletakan dasar-dasar kerja sama sinergi tiga perusahaan ini. Di mana PLN sebagai pengguna batu bara, PTBA sebagai pemasok batu bara, dan KAI sebagai pengangkut batu bara,” ungkap Didiek.
 
Didiek berharap nota kesepahaman ini dapat segera ditindaklanjuti dalam rangka membangun sinergi pola rantai pasok batu bara untuk meningkatkan ketahanan ketenagalistrikan nasional.
 
Sinergi PLN, PTBA dan KAI untuk memastikan rantai pasok batu bara, lanjut dia, merupakan wujud dari peran BUMN untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat melalui keandalan dan kontinuitas penyediaan energi listrik bagi seluruh masyarakat.

Sinergi ini juga diharapkan akan menjadi peluang yang baik bagi semua pihak untuk mengembangkan usaha dan meningkatkan kontribusi serta memperkuat peran BUMN sebagai penggerak ekonomi di Indonesia.

Related Regular News: