Audiensi APBI dengan Kepala Biro Hukum ESDM

APBI berinisiatif melakukan audiensi dengan Idris Sihite, Kepala Biro Hukum ESDM untuk berkenalan sekaligus menyampaikan isu-isu di sektor Minerba. Permohonan APBI diterima dengan baik oleh Idris Sihite sehingga dapat terlaksana audiensi secara virtual sekaligus dapat dihadiri oleh beberapa pengurus dan anggota perusahaan. Idris sudah menjabat sejak 7 bulan lalu dan beliau sebelumnya pejabat di Kejaksaan Agung. Dalam acara audiensi tersebut APBI juga mengajak rekan dari IMA. Peserta yang hadir di zoom meeting tersebut kurang lebih 60 orang.

Agenda utama perkenalan dan mendengar update dari Karo Hukum untuk beberapa perkembangan draft regulasi yang APBI tanyakan, seperti: (1) RPP UUCK (klaster perpajakan, klaster lingkungan hidup kehutanan dan RPP klaster Minerba); (2) RPP UU Minerba; (3) RPP Perpajakan Minerba. Selain itu APBI juga menyampaikan secara singkat mengenai Rancangan kepMen soal PPM yang perlu dibahas lagi.


Terkait dengan penyusunan regulasi lintas sektoral, APBI mengharapkan ESDM memberikan kesempatan kepada asosiasi untuk menyampaikan masukan. Dalam hal ini APBI dan IMA akan proaktif menyampaikan masukan dan pandangan sebagai bahan referensi bagi ESDM dalam rapat-rapat dengan Kementerian/Lembaga terkait dalam penyusunan regulasi yang akan berdampak bagi kegiatan pertambangan minerba. Selain itu APBI juga menyampaikan masih banyaknya permasalahan hukum di lapangan, seperti pelanggaran akan hak-hak perusahaan termasuk kegiatan PETI, pencurian di tongkang, tumpang tindih perizinan yang perlu dukungan dari Kementerian ESDM. 


Dalam pertemuan tersebut Karo Hukum bersedia untuk membuka pintu bagi asosiasi menyampaikan masukan berdiskusi tidak terbatas terhadap rancangan peraturan perundang-undangan tetapi juga dengan permasalahan hukum yang membutuhkan dukungan dari pemerintah.


Untuk langkah kedepan, Karo Hukum setuju untuk diadakannya pertemuan secara reguler setiap bulannya dengan asosiasi. Selanjutnya, sekretariat akan menyusun jadwal dan agenda dan menyampaikan kepada komite-komite untuk masukan agenda yang akan dibahas dalam pertemuan rutin bulanan dengan Biro Hukum ESDM.
Secara singkat pertemuan tersebut sangat positif dan memberikan angin segar bagi kita di asosiasi untuk bisa berkomunikasi lebih intens dengan pemerintah terkait dengan isu regulasi dan hukum yang berdampak bagi kegiatan pengusahaan.

Related Regular News: