Manfaat Pemberlakuan Undang-Undang Minerba di Indonesia

Sumber: https://www.kompasiana.com/rezi39125/5fe07e258ede4850333622c2/manfaat-pemberlakuan-undang-undang-minerba-di-indonesia

Indonesia merupakan negara yang subur dan Makmur, jika melihat sejarah, Indonesia merupakan negara yang di perebutkan oleh negara-negara di dunia, di antaranya Belanda, Jepang, portugis dan lain-lain. karena kekeyaan yang di miliki negara indonesia sangatlah banyak, mulai dari rempah-rempah, sayuran, dan ikan. yang begitu melimpah yang ada di perairan dan daratan Indonesia. Tapi bukan hanya itu, Indonesia juga merupakan negara yang kaya akan hasil tambangnya mulai dari emas, perak, logam, minyak bumi, batu bara, dan masih banyak lagi.

Nah di sini kita akan membahas manfaat pemberlakuan undang-undang minerba di Indonesia. sebelumnya perlu kita ketahui bahwa Undang-undang mineral batubara di buat dengan tujuan mengatur pertambangan sebagian atau seluruh tahapan kegiatan dalam rangka, pengelolaan dan pengusahaan mineral atau batubara yang meliputi penyelidikan umum, eksplorasi, studi kelayakan, konstruksi, penambangan, pengolahan dan atau pemurnian atau pengembangan dan atau pemanfaatan, pengangkutan dan penjualan, serta kegiatan pascatambang. Yang di sahkan oleh Presiden Doktor Haji Susilo Bambang Yudhoyono di Jakarta pada tanggal 12 Januari 2009. UU 4 tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batubara diundangkan oleh Menkumham Andi Mattalatta pada tanggal 12 Januari 2009 di Jakarta.

Dengan di berlakukannya undang-undang mineral batubara di Indonesia beresensi agar semua bahan baku mineral seperti emas, nikel, bauksit, bijih besi, tembaga, dan batubara mengalami proses nilai tambah sebelum diekspor. Peraturan ini juga mewajibkan pemilik usaha untuk membangun smelter, sebuah fasilitas pengolahan hasil tambang yang berfungsi meningkatkan kandungan logam seperti timah, nikel, tembaga, emas, dan perak hingga mencapai tingkat yang memenuhi standar. 

Diharapkan pembangunan smelter ini akan meningkatkan investasi dalam negeri karena fasilitas smelter yang ada saat ini masih terbatas. Peraturan ini ditetapkan melalui pertimbangan agar tercipta nilai tambah secara nyata bagi perekonomian nasional dalam usaha mencapai kemakmuran dan kesejahteraan rakyat secara berkeadilan.

Related Regular News: