Kementerian ESDM Gelar Minerba Expo Perdana Secara Virtual

Minerba Expo 2020 diselenggarakan berbeda dari acara di tahun-tahun sebelumnya. Pasalnya, di tahun 2020 di situasi pandemi Covid-19, Minerba Expo digelar secara virtual.

Minerba Expo 2020 digelar selama 2 hari yakni 10-11 Desember 2020.

DR.IR Ridwan Djamaluddin, M.Sc selaku Direktur Jendral Mineral dan Batubara mengatakan bahwa meskipun Minerba Expo kali ini digelar secara virtual, namun tak mengurangi tujuan di balik penyelenggaraan acara tersebut.

Ridwan menyampaikan bahwa acara ini harus menyuarakan kegiatan positif dan dapat memulihkan perekonomian Indonesia. Minerba 2020 adalah pameran virtual pertama yang digelar Minerba Expo. Ridwan Djamaluddin pun menyebutkan tujuan digelarnya Minerba Virtual Expo 2020 yang setidaknya terdapat empat poin penting. Acara ini pun hendak menampilkan pencapaian kinerja, inovasi dalam bidang pengawasan dan pelayanan publik dari direktorat mineral dan batubara.

Yang Kedua acara ini bertujuan untuk menyampaikan pada publik regulasi dan kebijakan baru di pertambangan sehubungan diterbitkannya kebijakan baru di UU no.3 tahun 2020. Selanjutnya, lewat Minerba Virtual Expo ini, Kementerian ESDM ingin menunjukkan inovasi serta pencapaian perusahaan pertambangan dan mineral di tengah situasi pandemi Covid-19.

Realitanya, meski tengah berada di kondisi pandemi, namun pencapaian di bidang mineral dan batubara tetap mencapai target, termasuk program pengembangan dan pemberdayaan masyarakat di sekitar area pertambangan.

Terakhir, melalui acara ini juga, Kementerian ESDM ingin menyampaikan bahwa industri pertambangan tetap berperan penting untuk pemulihan ekonomi nasional.

Dalam acara Minerba Virtual Expo 2020 ini, digelar 4 sesi webinar yaitu Pembaruan Peraturan Subsektor Pertambangan Mineral dan Batubara, Kiprah Industri Pertambangan Mineral dan Batubara di Masa Pandemi, Hilirisasi Minerba dan Masa Depan Industri Pertambangan Indonesia serta Pengutamaan TKDN Sektor Pertambangan dalam Rangka Peningkatan Daya Saing Nasional.

Related Regular News: