RDPU Komisi VI DPR RI - Pemerintah Perlu Maksimalkan Sektor Energi

RDPU Komisi VI DPR RI - Pemerintah Perlu Maksimalkan Sektor Energi

Dalam rangka perlunya memaksimalkan sektor energi, Komisi VI DPR RI adalah salah satu dari sebelas Komisi DPR RI dengan lingkup tugas di bidang industri, investasi, dan persaingan usaha. Komisi ini mengadakan rapat dengar pendapat umum (RDPU) dengan Asosiasi Pemasok Energi dan Batu Bara (2/12). Dari sektor batubara sendiri APBI-ICMA hadir dalam daftar undangan tersebut, dengan diwakili oleh Hendra Sinadia selaku Direktur Eksekutif APBI-ICMA.

Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Gde Sumarjaya Linggih yang memnjadi pimpinan rapat menilai potensi kekayaan alam Indonesia dalam bidang energi dan batu bara sangat besar. Untuk itu, pemerintah harus mampu memaksimalkan keuntungan tersebut dengan bekerja sama dengan seluruh stakeholder termasuk swasta agar dapat memberikan manfaat signifikan bagi negara dan masyarakat.

Komisi VI sangat konsen dengan energi, sampai sampai Komisi VI membuat Panja BUMN energi. Potensi energi Indonesia sangat besar, baik itu di atas maupun bawah tanah. Tentu seluruh pihak harus bekerja sama agar memaksimalkan kelebihan ini.

Gde Sumarjaya Linggih menyampaikan, saat ini pengelolaan energi dan batu bara di Indonesia masih kurang maksimal, sebab masih banyaknya kesalahan-kesalahan pengelolaan yang mengakibatkan kerugian untuk negara dan masyarakat dan tentu yang dilihat disini pengelolaan energi masih kurang maksimal, ini menjadi tugas kita agar bisa memaksimalkan keuntungan tersebut, pemerintah dan pengusahan harus memiliki equality support agar memberikan manfaat bagi pengguna,” tutur politisi Fraksi Partai Golkar itu.

Ia menyebut, jika pemerintah dan pengusahan sudah saling mengerti bekerja sama dengan baik maka akan memberikan benefit yang lebih menguntungkan. “Kuncinya jika ingin untung, itu bekerja sama dengan baik saling mendukung. Jika sudah seperti ini (terjalin kerja sama) maka benefitnya akan bertambah,” pungkasnya.

Related Regular News: