Omnibus Law Bebaskan Royalti Batu Bara, APBI: Positif Untuk Hilirisasi

Sumber : https://www.inews.id/finance/bisnis/omnibus-law-bebaskan-royalti-batu-bara-apbi-positif-untuk-hilirisasi

 

Omnibus Law Cipta Kerja memberikan insentif bagi industri batu bara. Di antaranya soal pajak dan royalti bagi pelaku usaha yang melakukan hilirisasi tambang.

"Ini merupakan langkah yang positif dalam keringanan royalti untuk hilirisasi. Kalau kita hilirisasi yang dimaksud pengembangan batu bara yang diolah menjadi gas" kata Direktur Eksekutif Asosiasi Pertambangan Batu Bara Indonesia (APBI), Hendra Sinadia dalam Market Review IDX Channel, Rabu (14/10/2020).

Menurut Hendra, royalti itu bisa menjadi insentif karena hilirisasi membutuhkan biaya yang butuh besar. Nantinya, proses ini akan berdampak positif, terutama memasok LPG yang selama ini banyak diimpor.

"Tentunya ini membutuhkan biaya yang besar. Untuk itu membutuhkan ada insentif lagi seperti tax holiday dan insentif harga jual, karena akan bersaing dengan harga gas," tuturnya.

Mantan direktur utama PT Vale Eksplorasi Indonesia itu juga menyambut baik simplifikasi aturan pajak di industri batu bara. Diharapkan, kepatuhan pajak di industri bisa naik.

"Jadi Omnibus Law ini memang untuk menyederhanakan sistem perpajakan di batu bara. Untuk sistem perpajakan diseragamkan," ucapnya.

Related Regular News: