Perspectives From The 31 Most-Influential Actors in The Coal Mining Industry

Hari jadi Asosiasi Pertambangan Batubara Indonesia ke-31 dirayakan dengan cara yang berbeda. Tahun ini perayaan dilakukan secara virtual menyesuaikan dengan kondisi pandemi Covid-19. Rangkaian hari jadi APBI-ICMA sendiri dibagi menjadi 2 acara, dimana acara pertama digelar Rabu (30/09) dengan menghadirkan 31 tokoh pertambangan dari berbagai bidang, disiplin ilmu dan perwakilan pemerintah. Ya, pemilihan 31 tokoh sesuai dengan perlambang usia APBI itu sendiri. Secara singkat para tokoh-tokoh yang berpengalaman di dunia tambang ini memberikan pesan dan harapan untuk dunia pertambangan khususnya batubara ke depan.

Tahun ini dan tahun-tahun ke depan memang akan menjadi tantangan baru di dunia pertambangan. Pandemi hingga upaya untuk mengoptimalkan peran batubara dan tentunya upaya untuk menghadirkan teknologi ramah lingkungan menjadi bagian yang harus dijawab.

Kehadiran APBI-ICMA yang saat ini beranggotakan 162 perusahaan diharapkan dapat terus mengawal upaya upaya tersebut.

Dalam sambutannya Ridwan Djamaluddin selaku Dirjen Minerba berpesan kepada para pelaku industri untuk investasi dibidang eksplorasi agar cadangan sumber daya alam dapat lebih terjamin dalam jangka panjang. Tidak hanya itu, Ridwan juga mengajak bersama-sama berpikir mencari jalan keluar bagaimana cara nilai tambah batubara dapat dilakukan secara teknis dan berkelanjutan.

Selaras dengan itu Pandu Sjahrir mengatakan bahwa saat ini industri batubara sedang mengalami perubahan kearah yg lebih positif, bukan hanya sebagai miner namun ada nilai tambah melalui hilirisasi, pembangkit tenaga listrik dll.

"Penggunaan batubara di domestik kian bertambah dimana membawa dampak positif dari sisi ketenagakerjaan bagi masyarakat juga penambahan pendapatan pemerintah baik pusat maupun daerah" ujar Pandu.

Covid ini mengakselerasi perubahan dimana kita harus berjuang, sebagai organisasi yang berusia 31 tahun tentunya sering beradaptasi, dengan challange covid akan membawa kearah perubahan yang positif.

Pesan 31 pembicara diharapkan bisa menjadi  tongkat estafet ke generasi penerus khususnya pengurus APBI-ICMA.

Related Regular News: