Menuju Bauran Energi 2050: Evaluasi Kebijakan Energi Nasional

Dalam rangka memperingati Hari Pertambangan dan Energi Nasional ke-75, Bimasena mengadakan diskusi berjudul “Menuju Bauran Energi 2050: Evaluasi Pelaksanaan Kebijakan Energi Nasional (KEN)”. APBI yang diwakili oleh Hendra Sinadia selaku Direktur Eksekutif APBI-ICMA berpartispasi dalam acara Webinar Bimasena (28/9) “Menuju Bauran Energi 2050: Evaluasi Kebijakan Energi Nasional”

Pada acara ini Hendra Sinadia memaparkan secara singkat mengenai kondisi sektor batubara yang merupakan satu dari enam sektor utama dalam bauran energi nasional. Sementara pembicara lain dalam forum diskuis ini ialah Yusak Setiawan, Riki F. Ibrahim, Togar Sitanggang, Ananda S. Ivananto, dan Prof. Dr. Djarot S. Wisnubroto

Dasar pemikiran dari diskusi ini adalah untuk memberikan pemahaman yang utuh setiap jenis energi menuju target Bauran Energi 2050. Setiap sektor energi memiliki persepsi yang sama bahwa pemerintah menganaktirikan salah satu jenis energi dan menganakemaskan salah satu jenis energi. Padahal dalam kenyataannya, setiap sektor energi memiliki masalah yang cukup kompleks, yang disebabkan oleh inkonsistensi kebijakan pemerintah, sehingga terjadi ketidakjelasan dalam pengelolaan energi nasional. Ketidakjelasan dalam pengelolaan energi nasional akan menjadikan krisis energi sebagai suatu kenyataan, yang akan berdampak terhadap perekonomian Indonesia dan mengganggu stabilitas nasional.

Diskusi ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran kolektif mengenai kondisi riil energi nasional, merumuskan masalah lintas sektor energi, membuka komunikasi yang lebih baik antar pelaku sektor energi sehingga dapat membuka jalan bagi upaya ke perbaikan sektor energi nasional dan, khususnya untuk mencapai target Bauran Energi Nasional 2050. Diskusi ini diharapkan akan dapat membantu para pemangku kepentingan dalam merumuskan langkah dan kebijakan kepentingan dalam rangka mencapai target Bauran Energi Nasional 2050.

Related Regular News: