Harga Batubara ICE Eropa Bangkit dari Harga Terendah 4 Tahun

Sumber : https://www.vibiznews.com/2020/07/30/harga-batubara-ice-eropa-bangkit-dari-harga-terendah-4-tahun/

 

Perdagangan batubara dunia yang terus melemah beberapa pekan terakhir terjadi perbaikan pada sesi yang berakhir Kamis dinihari WIB (30/7/2020), harga batubara NewCastle di bursa ICE Eropa bullish dari posisi terendah 4 tahun lebih. Pergerakan harga komoditas energy ini terangkat oleh posisi anjloknya dolar AS hingga turun ke terendah 2 tahun.

Pelemahan dolar dijadikan investor melakukan aksi bargain hunting setelah perdagangan hari sebelumnya anjlok cukup signifikan oleh fundamental yang suram. Harga batubara sedang mendapat tekanan dari laporan EIA memproyeksikan konsumsi batubara dunia pada 2020 akan menjadi 377 juta ton, turun 64% dibandingkan konsumsi tahun 2007 yang melonjak hingga 1,045 miliar ton.

Harga batubara NewCastle  untuk kontrak batubara  berjangka yang ramai diperdagangkan yaitu kontrak bulan Agustus 2020 di ICE Eropa ditutup rebound ke posisi US$52,00. Harga alami penurunan US$0,30 atau 0,58% dari sesi sebelumnya, dan awal sesi berada di posisi US$52.00.

Trend positif harga batubara juga disumbang oleh pergerakan harga minyak mentah  yang melonjak hingga naik 1,23% pada akhir sesi Amerika untuk minyak mentah jenis Brent. Demikian juga  pergerakan kuat pada  harga gas alam yang bergerak rally hingga melonjak naik  3% lebih.

Related Regular News: