Ini Cara Mengikuti Uji Kompetensi Pengawas Operasional Pertambangan Minerba

Sumber : https://daerah.sindonews.com/read/81808/701/ini-cara-mengikuti-uji-kompetensi-pengawas-operasional-pertambangan-minerba-1593101165

 

Uji kompetensi pengawas operasional di bidang pertambangan mineral, dan batubara, terdiri atas tiga tingkatan. Antara lain,Pengawas Operasional Pertama (POP), Pengawas Operasional Madya (POM), dan Pengawas Operasional Utama (POU).

Untuk POP, bisa mengikuti uji kompetensi dengan syarat sekurang-kurangnya memiliki anak buah, berlatar belakang pendidikan S1, dan memiliki pengalaman minimal 1 Tahun di pertambangan.

Bagi yang berlatar pendidikan D3, wajib memiliki pengalaman minimal 3 tahun, dan untuk SMA pengalaman minimal 10 tahun di pertambangan.


Ada juga syarat penting lainnya. POP yang ingin mengikuti uji kompetensi harus melampirkan surat pengantar resmi dari perusahaan yang ditandatangani Kepala Teknik Tambang (KTT) atau Penanggung Jawab Operasional (PJO).

Lebih lanjut, jika ingin mengikuti uji kompetensi POM, mereka harus memiliki sertifikasi POP minimal 1 tahun.

Mereka juga harus sudah menguasai enam aspek yaitu mengetahui peraturan dan UU terkait keselamatan pertambangan, pengelolaan lingkungan, investigasi kecelakaan, inspeksi, pengelolaan konservasi sumber daya mineral dan batubara, juga kaidah teknis. Kesemuanya harus sudah diimplementasikan sehari-hari.

Sedangkan untuk POU, persyaratannya adalah harus memiliki sertifikat kompetensi POM minimal 1 tahun. Selain kaidah teknik, mereka harus sudah membuat sistem, mengambil keputusan dan menentukan kebijakan. Minimal jabatannya biasanya adalah manager.
 

Lembaga penerbit sertifikasi tentu sudah harus mendapat lisensi dari BNSP untuk melakukan uji kompetensi pengawas operasional.

PPSDM Geominerba merupakan lembaga diklat yang telah terakreditasi A dari lembaga akreditasi diklat Komisi Akreditasi Lembaga Penyelenggara Pendidikan dan Pelatihan (KA-LDP) Sektor Energi dan Sumber Daya Mineral.

PPSDM Geominerba juga merupakan lembaga diklat pertama yang menyelenggarakan pelatihan kompetensi sertifikasi maupun teknis lainnya di bidang geologi, mineral, dan batubara.

Saat ini, PPSDM Geominerba telah menjadi acuan seluruh lembaga diklat dan pelatihan di Indonesia. Jadi tidak usah ragu lagi untuk mendaftaran diri atau pegawai Anda ke PPSDM Geominerba yang merupakan satu-satunya lembaga diklat geologi, mineral, dan batubara dengan fasilitas pembelajaran kelas maupun praktik lengkap milik sendiri.
Segera daftarkan melalui www.ppsdm-geominerba.esdm.go.id, atau bisa menghubungi 08212 6666 230.

Related Regular News: