Harga Batubara Dunia Bergerak Naik oleh Pulihnya Demand

Sumber : https://www.vibiznews.com/2020/06/16/harga-batubara-dunia-bergerak-naik-oleh-pulihnya-demand/

Harga batubara acuan dunia yang diperdagangkan di bursa komoditas internasional kembali bergerak naik melanjutkan trend harga akhir pekan lalu. Harga batubara NewCastle pada ICE Eropa  yang berakhir Selasa subuh WIB (16/06/2020) meningkat 1% lebih dengan menghiraukan sentimen perdagangan bursa saham kawasan Eropa.

Harga batubara NewCastle  untuk kontrak batubara  berjangka yang ramai diperdagangkan yaitu kontrak bulan Juli 2020 di ICE Eropa ditutup pada posisi US$53,60 yang alami kenaikan US$0,65 atau 1,23% dari posisi  penutupan sesi akhir pekan lalu. Awal sesi harga dibuka pada posisi US$53.50.

Kenaikan harga batubara selama 2 hari perdagangan terakhir mendapat suntikan kekuatan dari pergerakan harga minyak mentah dunia yang positif setelah sempat anjlok parah pada perdagangan pekan lalu. Harga minyak mentah jenis Brent kembali bergerak rally melanjutkan lompatan harga akhir pekan lalu.  Harga minyak mentah jenis Brent  pada akhir sesi Amerika berada di posisi US$39,90 atau  naik 2,15%.

Secara fundamental kenaikan harga batubara tersebut dipicu mulai meningkatnya permintaan batubara global seperti yang dilaporkan Argus pekan lalu sebagai penyedia informasi harga batubara dunia. Argus memberitakan permintaan salah satu konsumen besar dunia, Korea Selatan diberitakan meningkat sejak bulan Mei ke Juni melebihi konsumsi tahun sebelumnya.

Related Regular News: