Trend Bearish Harga Batubara Masih Berlanjut di ICE Eropa

Sumber : https://www.vibiznews.com/2020/05/18/trend-bearish-harga-batubara-masih-berlanjut-di-ice-eropa/

 

Setelah anjlok cukup signifikan harga batubara acuan internasional pada perdagangan akhir lalu, posisi terkini di bursa ICE Eropa sesi pertama pekan ini Senin (18/05/2020) masih melemah. Aksi profit taking pasar setelah mencapai posisi harga tertinggi dalam hampir sebulan akhir pekan lalu masih terus berlanjut pada awal sesi Eropa.

Sentimen negatif pasar akhir pekan lalu oleh kekhawatiran perselisihan perdagangan baru antara Amerika Serikat dan China masih belum bergulir, dikarenakan berita terbaru dilaporkan AS memberikan sanksi terhadap raksasa teknologi China Huawei. Kondisi  ini memberikan prospek suram pada permintaan global batubara yang sudah ambruk pasca pandemik covid-19. 

Anjloknya harga batubara kali ini menghiraukan posisi harga minyak mentah dunia dan gas alam dunia yang sedang bergerak sangat kuat di bursa komoditas global. Terpantau harga kedua komoditas yang sering menjadi indikator kekuatan harga batubara melonjak hingga 3 sampai 4 persen masing-masing. 

Harga batubara NewCastle  dibuka lebih rendah pada perdagangan bursa ICE Eropa hari ini, untuk kontrak berjangka yang ramai diperdagangkan yaitu kontrak bulan Juni 2020 dibuka pada posisi US$53,65 per ton. Harga alami penurunan 0.15 poin atau 0,28% dari penutupan perdagangan sebelumnya, dan merupakan posisi terendah selama sepekan perdagangan.

Related Regular News: