Air Products Investasi US$2 Miliar Proyek Konversi Metanol di Indonesia

Sumber : https://swa.co.id/swa/trends/economic-issues/air-products-investasi-us2-miliar-proyek-konversi-metanol-di-indonesia

 

Perusahaan gas industri asal Amerika Serikat, Air Products mengumumkan telah menandatangani perjanjian definitif untuk kontrak on-site atas fasilitas produksi batubara menjadi metanol di Bengalon, Kalimantan Timur, Indonesia.

Dengan kontrak on-site jangka panjang tersebut, PT Bakrie Capital Indonesia, bagian dari Grup Bakrie dan PT Ithaca Resources, bagian dari PT AP investment, akan memasok batubara sebagai bahan baku dan telah memberikan komitmen untuk membeli produk metanol serta menjualnya di dalam wilayah Indonesia. Air Products akan berinvestasi sekitar US$ 2 miliar untuk membangun, memiliki dan mengoperasikan unit pemisahan udara, gasifikasi, pemurnian syngas, utilitas dan peralatan konversi metanol untuk menghasilkan metanol bagi Bakrie dan Ithaca.

Fasilitas yang dibangun – termasuk teknologi Syngas SolutionsTM Gasifikasi Bahan Baku Kering yang menjadi Hak Milik Air Products – memungkinkan produksi metanol mendekati dua juta ton per tahun (TPY) dengan konsumsi batubara mendekati enam juta ton per tahun (TPY). Proyek ini diharapkan akan beroperasi pada 2024.

Seifi Ghasemi, Chairman, President dan CEO Air Products, mengatakan, Indonesia sebagai negara dengan ekonomi terbesar di Asia Tenggara, berkomitmen untuk mengurangi impor energi dan mengubah sumber daya alam batubara secara efisien menjadi produk bernilai tinggi.

"Kami bangga dipercaya mendapatkan proyek gasifikasi skala dunia ini. Kami akan menggunakan modal, teknologi dan keahlian operasional guna membantu Indonesia mencapai tujuan tersebut. Hal ini menjadi contoh lain pada strategi jangka panjang perusahaan dalam memberdayakan modal yang dimiliki untuk proyek-proyek gas industri strategis dengan pengembalian yang tinggi," jelasnya.

Samir Serhan, Executive Vice President Air Products, menambahkan, kompetensi utamanya adalah kemampuan dalam mengembangkan, menjalankan dan mengoperasikan fasilitas-fasilitas proses yang rumit yang bisa membantu pelanggan menciptakan mesin pertumbuhan ekonomi dan pembangunan sosial.

"Kami berharap dapat mendukung Bakrie dan Ithaca dalam mega proyek sebagai pengubah keadaan, dengan menghasilkan metanol untuk konsumsi domestik dalam rangka mendukung pertumbuhan ekonomi berkelanjutan di Indonesia," ungkap dia.

Adika Nuraga Bakrie, CEO PT Bakrie Capital, mengatakan, pihaknya senang bisa bekerja sama dalam proyek strategis ini dengan Air Products, sebagai pemimpin dalam gasifikasi batubara di dunia. Sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo dan rencana Pemerintah Indonesia, merupakan momentum yang bagus untuk proyek ini, dengan menghasilkan metanol bernilai tinggi dari cadangan batubara berkalori rendah.

Related Regular News: