Harga Batubara Dunia NewCastle Rebound dari Pelemahan 16 Hari Berturut

Sumber : https://www.vibiznews.com/2020/04/22/harga-batubara-dunia-newcastle-rebound-dari-pelemahan-16-hari-berturut/

 

Pada pembukaan perdagangan komoditas berjangka  di bursa ICE Eropa hari Rabu (22/04/2020), harga batubara acuan internasional NewCastle  terperosok  ke kisaran US$51 per ton atau turun 1 persen lebih. Namun tidak lama kemudian rebound dan melaju ke posisi penutupan perdagangan sebelumnya.

Harga batubara NewCastle untuk kontrak berjangka yang ramai diperdagangkan yaitu kontrak bulan Mei 2020 dibuka pada posisi US$51,20 per ton dan setelah bergerak rebound kuat berada di posisi US$52.25 yang menguat 0,35% atau 0.20 poin dari penutupan perdagangan sebelumnya.

Pergerakan rebound harga batubara terjadi merespon kuat pulihnya kembali perdagangan minyak berjangka acuan internasional yang perdagangan sebelumnya anjlok hingga 20 persen lebih. Kini harga minyak jenis Brent menguat 6 persen lebih dan minyak berjangka jenis WTI menguat 20 persen lebih.

Kenaikan harga batubara hari ini merupakan rebound dari perdagangan yang sudah anjlok selama 16 hari perdagangan berturut  dari  kisaran US$70 per ton. Tekanan bearish harga batubara terjadi oleh sentimen menurunnya permintaan global 2 negara konsumen terbesar dunia yaitu China dan India.

Related Regular News: