Harga Batubara Turun Lagi Karena Pengetatan Impor China

Sumber : https://www.vibiznews.com/2020/04/01/harga-batubara-turun-lagi-karena-pengetatan-impor-china/

 

Harga batubara kembali tertekan hingga terjun ke posisi harga terendah dalam 4 hari perdagangan pada akhir sesi  bursa komoditi internasional (ICE), Rabu (01/04/2020). Investor melakukan profit taking cukup signifikan setelah perdagangan sebelumnya di kisaran harga US$68 dan ditutup pada kisaran harga US$67.

Harga batubara acuan NewCastle terpangkas kembali yang dipicu kekhawatiran pasar akan penurunan permintaan yang signifikan oleh pandemik coronavirus. Berita terbaru yang memicu sentimen negatif investor bahwa pemerintah melakukan pengetatan impor batubara demi mendukung harga batubara domestik Cina. S&P Global memberitakan pusat impor Tiongkok di provinsi Fujian  membatalkan hingga 1 juta mt batubara yang akan masuk  pada bulan April .

Harga batubara NewCastle untuk kontrak berjangka yang ramai diperdagangkan yaitu kontrak bulan April 2020 ditutup pada posisi 67,85 dollar per ton. Harga komoditas tersebut  turun sebesar 1,15 dollar atau 1,67% dibandingkan posisi penutupan perdagangan sebelumnya.

Sementara itu untuk harga batubara Indonesia (ICI 4) untuk kontrak bulan Juni di bursa ICE New York, harga tidak berubah di posisi US$32.25 per ton setelah sebelumnya turun  US$0,10 atau 0,31%.

Related Regular News: