Upaya Pencegahan Virus Covid-19 di Pelabuhan Batubara

Karantina Awak Kapal Jadi Salah Satu Upaya Pencegahan Virus Covid-19

Sejak ditetapkan status bencana nasional non alam, beragam upaya pencegahan virus Covid-19 dilakukan. Salah satunya adalah antisipasi penyebaran kasus di pintu masuk negara. Kantor Kesehatan Pelabihan Kelas II Samarinda, Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes contohnya sudah mengeluarkan surat dan aturan untuk karantina kapal-kapal yang masuk.

Bentuk upaya pengendalain tersebut antara lain adalah dengan tidak mengizinkan awal kapal dari negara terjangkit yang sampai ke pelabuhan setempat kecuali dalam keadaan darurat. Khusus untuk pergantian kru, tidak diizinkan turun sebelum masa inkubasi selama 14 hari.

Sementara itu untuk kapal dalam negeri yang datang dari pelabuhan terjangkit seperti Jakarta, Jawa Barat dan Jawa Tengah, awak kapal diharapkan untuk tidak turun dan juga melakukan pengukuran tubuh.

Kegiatan angkut muat batubara yang melibatkan seluruh awak kapal (crew dan nakhoda) di Kawasan tersebut artinya tunduk pada aturan ini. Aturan ini sendiri berguna untuk mengantisipasi penyebaran virus Covid-19. Berikut adalah detail surat yang dikeluarkan sejak Senin (16/3).

 

Related Regular News: