Produksi batubara Golden Energy Mines (GEMS) mencapai 30,8 juta ton di 2019

Sumber : https://industri.kontan.co.id/news/produksi-batubara-golden-energy-mines-gems-mencapai-308-juta-ton-di-2019?page=all

KONTAN.CO.ID  19/2/2020 memberitakan bahwa  PT Golden Energy Mines Tbk (GEMS) berhasil mencatatkan hasil produksi batubara sebesar 30,8 juta ton pada tahun 2019 lalu. Jumlah ini tumbuh 36,06% (yoy) dibandingkan tahun 2018 yang sebanyak 22,54 juta ton.

Capaian tersebut juga sedikit di atas target awal produksi batubara yang ditetapkan perusahaan di tahun lalu yaitu 30 juta ton.

Sekretaris Perusahaan GEMS Sudin Sudirman mengatakan, hasil produksi batubara yang diraih GEMS di tahun lalu tak lepas dari kinerja dari semua lini dalam mengeksekusi strategi operasional perusahaan.

GEMS sendiri mengoperasikan tambang di tiga lokasi, seperti tambang PT Borneo Indobara di Kalimantan Selatan, tambang PT Barasentosa Lestari di Sumatera Selatan, dan tambang PT Kuansing Inti Makmur di Jambi.

Kendati demikian, Manajemen GEMS justru menurunkan target produksi batubara di tahun ini menjadi 27,2 juta ton.

Target tersebut terbilang realistis mengingat GEMS juga perlu melakukan penyesuaian terhadap target produksi batubara secara nasional yang telah ditetapkan dalam Rencana Kerja dan Anggaran Biaya (RKAB) yang disetujui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Asal tahu saja, tahun lalu produksi batubara nasional mencapai 610 juta ton. Sedangkan di tahun ini pemerintah menurunkan target produksi batubara nasional menjadi 550 juta ton.

"Karena target produksi nasional turun 60 juta ton, tentu saja ini mempengaruhi target produksi GEMS," ujar Sudin, hari ini (19/2).

Terlepas dari itu, GEMS akan tetap memaksimalkan peralatan operasional tambangnya agar target produksi batubara di tahun ini.

Sudin menambahkan, pihaknya juga belum terlalu mengkhawatirkan pengaruh penyebaran virus Corona di China terhadap fundamental bisnis GEMS. "Penjualan ekspor batubara GEMS di 2020 hampir seluruhnya sudah dikontrak," imbuh dia.

Catatan Kontan.co.id, GEMS menjual 66% batubaranya ke pasar ekspor. Pangsa pasar ekspor terbesar GEMS berasal dari China sebanyak 36% dan India 25%.

 

Related Regular News: