PT. Petrokimia Gresik Papua Siap Jadi Mitra Penyaluran Pupuk Organik Batubara

Sumber :  https://www.teropongnews.com/pt-petrokimia-gresik-papua-siap-jadi-mitra-penyaluran-pupuk-organik-batubara/

TeropongNews.com 18/2/2020 memberitakan bahwa rencana Pemerintah Daerah Merauke bersama Bulog Pusat untuk mengalihkan penggunaan pupuk kimia ke pupuk organik dari batubara disambut baik oleh berbagai pihak.

Selain meningkatkan produksi padi, juga meningkatkan kualitas beras yang dihasilkan pada petani Merauke. Seperti yang sudah terlihat di beberapa daerah pertanian di Indonesia. Menggunakan pupuk organik batubara peningkatan hasil panen dalam satu hektar dari enam ton naik menjadi delapan ton.

Staf Perwakilan Daerah Penjualan (SPDP) PT. Petrokimia Gresik Provinsi Papua, Deni Eka Lesmana mengatakan, upaya Pemda Merauke tersebut sangat bagus. Bahkan pihaknya bersedia bermitra dengan pemerintah dalam penyalurannya.

“Kalau memang Pemda ada niat ke sana, kami siap mendukung dalam penyaluran,” ucap Deni via telepon, Selasa (18/02) di Merauke.

Ia mengatakan, sebelum ada rencana ini, pemerintah pusat melalui Kementrian Pertanian telah lebih dahulu menyalurkan pupuk organik bersubsidi di Papua dengan alokasi yang terus meningkat.

Alokasi pupuk organik untuk Merauke, tahun 2019 dari 710 ton naik menjadi 1835 ton di 2020. Kenaikan mencapai 1124 ton. Sementara pada alokasi pupuk kimia jenis phospat turun hingga 1000 ton. Menurutnya, Pempus lebih konsen pada peningkatan penyaluran bantuan pupuk organik bersubsidi.

Lanjutnya, jika pengalihan dari kimia ke organik batubara ini dilakukan, akan terjadi kendala pada penyaluran pupuk organik bersubsidi dari Kemntrian Pertanian yang selama ini sudah berjalan.

“Akan terjadi tumpang tindih dan berpotensi surplus pupuk di Merauke.
Untuk itu, perlu direncanakan secara baik sehingga tidak terjadi tumpang tindih dalam penyalurannya,” tutur Deni.

 

Related Regular News: