Meski China Beri Stimulus, Harga Batubara Diturunkan Pasar

Sumber :  https://www.vibiznews.com/2020/02/18/meski-china-beri-stimulus-harga-batubara-diturunkan-pasar/

Vibiznews 18/2/2020  memberitakan bahwa disaat pemerintah China mengucurkan stimulus untuk ekonominya, harga batubara yang diperdagangkan di bursa komoditas Shanghai dan juga internasional  alami penurunan cukup signifikan. Sebelumnya harga batubara dunia meningkat oleh harapan peningkatan impor batubara China karena berhentinya produksi lokal.

People’s Bank of China (PBOC) pada hari Senin  menurunkan tingkat pinjaman fasilitas pinjaman jangka menengah (MLF) jangka menengah (MLF) 200 miliar yuan ($ 24) ke lembaga keuangan sebesar 10 basis poin (bps) menjadi 3,15 %.

Langkah PBOC tersebut terjadi setelah Menteri Keuangan China pada hari Minggu mengatakan bahwa  akan meluncurkan target dan menghapuskan pemotongan pajak dan biaya. Mereka akan memberikan 8 miliar yuan dalam putaran kedua dukungan untuk upaya pencegahan dan pengendalian virus.

Harga batubara NewCastle untuk kontrak berjangka yang ramai diperdagangkan yaitu kontrak bulan April 2020 yang berakhir pagi tadi Selasa (18/02/2020) berada di posisi 69,90 dollar per ton. Harga komoditas tersebut mengalami penurunan sebesar 0,45 dollar atau 0,64% dibandingkan posisi penutupan perdagangan sebelumnya.

Sementara itu untuk harga batubara di bursa Shanghai pagi ini kembali menunjukkan pergerakan yang negatif melanjutkan perdagangan sebelumnya, kini terpantau harga batubara Shanghai sedang turun 60 yuan menjadi 13270 yuan.

Analyst Vibiz Research Center melihat harga batu batubara secara teknikal saat ini berpotensi bearish terbatas. Pasar akan fokus pada stimulus yang diberikan China pada ekonominya.

 

Related Regular News: