Wabah Virus Corona Belum Berdampak Bagi Investasi Tambang Batubara Indonesia

Sumber https://www.vibiznews.com/2020/02/13/wabah-virus-corona-belum-berdampak-bagi-investasi-tambang-batubara-indonesia/

 

Wabah virus Corona telah melumpuhkan kegiatan manufaktur dan tambang di China dan telah merugikan banyak perdagangan komoditas global. Namun seluruh aktivitas investasi maupun operasional komoditas batubara di Indonesia masih berjalan normal.

Direktur Jenderal Minyak dan Batubara (Minerba) Bambang Gatot Ariyono pada Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan anggota Komisi VII DPR RI baru-baru ini menyatakan  wabah virus tersebut  belum memberikan dampak signifikan pada sektor tambang Indonesia terutama komoditas batubara.

Aktivitas investasi masih terus berjalan meskipun China merupakan  tujuan ekspor terbesar Indonesia, karena ekspor selama ini masih dijadikan sebagai kebutuhan energi pembangkit, bukan barang industri. Sebagai informasi, jumlah produksi batubara Indonesia diekspor ke  China kurang lebih 30%.

Bambang beralasan wabah virus Corona ini masih terjadi sekitar sebulan terakhir , namun jika  berlangsung dalam waktu lama,  tak menutup kemungkinan memberikan tekanan pada kelangsungan komoditas batubara.

Dari sisi ekspor, pemerintah  belum menerima laporan khusus atas terganggunya kegiatan perdagangan Indonesia – China di sektor mineral dan batubara seperti  mengurangi produksi ataupun ekspornya.

Related Regular News: