BUMI Incar Proyek Gasifikasi Batu Bara Senilai US$ 1 M

Sumber :  https://www.cnbcindonesia.com/market/20200123111428-17-132124/bumi-incar-proyek-gasifikasi-batu-bara-senilai-us--1-m

CNBC Indonesia 23/1/2020 memberitakan bahwa PT Bumi Resources Tbk (BUMI) mengincar pabrik gasifikasi batubara senilai US$ 1 miliar di tengah restrukturisasi utang yang dilakukan perusahaan.

Perusahaan batu bara tebesar ini tengah membidik potensi gasifikasi batu bara sekaligus untuk mengurangi ketergantungan impor energi.

Direktur perusahaan Dileep Srivastava mengatakan saat ini BUMI tengah melakukan studi kelayakan untuk membangun gasifikasi batu bara ini. Studi kelayakan ini diharapkan bisa selesai tahun ini dan menjadi pertimbangan pemegang saham dan pemberi pinjaman.

"Kami sebenarnya sangat serius dan aktif terlibat," kata Dileep dilansir dari Reuters, Kamis (23/01/2020).

Investasi untuk pabrik gasifikasi nantinya bergantung pada kapasitas pabrik, dia memperkirakan investasi yang dibutuhkan berkisar US$ 1-2 miliar. Tahun lalu perusahaan memproduksi sekitar 87 juta ton batubara, dan akan memasok batubara dari unit-unitnya seperti Kaltim Prima Coal untuk pembangkit potensial sebagai stok pasokan dan untuk memberi daya pada fasilitas.

"Kami percaya bahwa sekitar 4 juta hingga 5 juta ton batubara dapat dengan mudah dikonsumsi di sini," katanya.

Upaya ini juga mendukung agenda ekonomi utama Presiden Joko Widodo untuk mengolah sumber daya alam domestik untuk meningkatkan nilai ekspor. Salah satunya adalah mengolah batu bara menjadi gas untuk membantu mengurangi impor energi, salah satu kontributor terbesar defisit neraca perdagangan Indonesia.

Meski demikian Dileep mengakui perusahaan perlu meyakinkan kreditornya untuk mengizinkan Bumi melakukan investasi gasifikasi batu bara tersebut. "Itu bukan sesuatu yang bisa kita angkat sekarang. Kita perlu dukungan," kata Srivastava.

Bumi saat ini sedang menjalani proses restrukturisasi utang, yang bertujuan untuk menyelesaikan utang US$ 1,7 miliar pada l 2022 dan menyelesaikan konversi obligasi-ke-ekuitas wajib pada 2024. Dileep optimistis insentif yang direncanakan oleh pemerintah untuk downstreaming coal akan menarik bagi investor.

Apalagi, adanya omnibus law untuk menarik investasi, pemerintah akan menawarkan insentif bagi penambang batu bara yang berinvestasi dalam gasifikasi.

Related Regular News: