Aplikasi Modul Verifikasi Penjualan (MVP) Mengontrol Produksi Batubara

Sumber :  https://insight.kontan.co.id/news/aplikasi-modul-verifikasi-penjualan-mvp-mengontrol-produksi-batubara

KONTAN.CO.ID 05/12/2019  memberitakan bahwa Implementasi aplikasi Modul Verifikasi Penjualan (MVP) yang dirilis Kementerian ESDM mendapat tanggapan beragam dari pelaku usaha di sektor pertambangan batubara.

Direktur Jenderal Mineral dan Batubara Kementerian ESDM Bambang Gatot Ariyono mengatakan, penerapan MVP sejak September 2019 sebagai upaya pencegahan praktik ilegal penjualan batubara.

"Melalui aplikasi MVP, kita harapkan kontrol terhadap perdagangan batubara bisa lebih baik, terutama asal usul produksi batubara bisa sesuai dengan Rencana Kerja dan Anggaran Biaya (RKAB)," katanya, Selasa (3/12).

Direktur Utama PT Golden Eagle Energy Tbk Roza Permana Putra mengklaim, perusahaannya telah memanfaatkan aplikasi MVP dan semuanya berjalan lancar.

"Kami melihat MVP dalam proses penjualan mempunyai dampak positif dalam kecepatan pengurusan administrasi," ujarnya.

Kehadiran sistem MVP, kata Riza, membuat seluruh penjualan batubara bisa terkontrol dengan baik.

Hanya MVP mengurangi fleksibilitas perusahaan terhadap pasar baru. Pasalnya, membutuhkan waktu untuk melakukan proses administrasi dengan pasar baru.

Direktur PT Golden Energy Mines Tbk Bonifasius mengatakan, perusahaannya juga sudah menerapkan sistem MVP.

Semua proses juga berjalan lancar dan seluruh penjualan telah masuk dalam pencatatan. "Proses lebih cepat dan tingkat kesalahan kecil," ujarnya.

Adapun Head of Corporate Communication PT Adaro Energy Tbk Febriati Nadira berharap, Kementerian ESDM konsisten dalam menjalankan kebijakan tersebut. Seperti perusahaan batubara lainnya, Adaro telah menerapkan aplikasi MVP.

"Dilakukan secara konsisten sehingga fungsi pemerintahan dalam pengendalian produksi nasional bisa lebih efektif," tukasnya.

 

Related Regular News: