Lirik Sektor Tambang Batu Bara, SEAM Group Optimis Ekspansi Bisnis ke Kalimantan Timur

Sumber : https://kaltim.tribunnews.com/2019/11/25/lirik-sektor-tambang-batu-bara-seam-group-optimis-ekspansi-bisnis-ke-kalimantan-timur

TRIBUNKALTIM.CO  25/11/2019 memberitakan bahwa  sektor pertambangan batubara masih menjadi primadona investasi di Kalimantan Timur, atau Kaltim

Meskipun harga batubara di pasar internasional masih berfluktuasi, investasi di sektor pertambangan batubara tetap seksi.

Hal ini dibuktikan dengan terus masuknya investasi di sektor yang menjadi andalan pertumbuhan perekonomian Kaltim ini.

SEAM Group misalnya turut menanamkan investasinya di bidang pertambangan batu bara Kalimantan Timur.

Diketahui, SEAM Group sudah 10 tahun mengembangkan bisnis batubara di Kalimantan Tengah, Jambi dan Bengkulu.

Kini, SEAM Group melalui anak perusahaannya, PT Marwan Putra dan PT  SC Iron Indonesia (SCII) selaku kontraktor melakukan operasi terukur pada kegiatan tambang Marwan Putra yang persiapannya sudah dimulai sejak 6 bulan yang lalu.

Direktur PT Marwan Putra, Safwan, menuturkan harga batubara saat ini sedang mulai membaik.

"Kita akan mulai melakukan penambangan secara terukur.

Menurut hitung-hitungan kami, optimis dapat memberikan margin yang banyak.

Hal tersebut disebabkan karena alat berat kami seperti excavator, dozer, dum truck dan lain-lain adalah milik sendiri," kata Safwan melalui keterangan tertulisnya.

Ditambahkan oleh Rahmad Sukarna, Direktur Kontraktor Khusus penambangan SCII, secara umum, perusahaannya tidak terlalu bergantung dengan harga batubara internasional.

"Sebab kami telah memiliki kontrak-kontrak dengan harga flat, ditambah lagi sumberdaya peralatan tidak rental alias milik kami sendiri," kata Sukarna.

Diketahui, Jika dibandingkan 2018 lalu, harga batu bara di pasar internasional pada 2019 ini mengalami penurunan.

Sejak awal Juli hingga Agustus 2019, harga batubara tertinggi hanya USD 78,3 per ton, dan terus menurun hingga USD 64,25 perton.

Sedangkan pada 2018 lalu, harga batu bara sempat menyentuh USD 100 lebih per ton.

Sekadar informasi, PT Marwan Putra adalah memiliki konsesi tambang batu bara seluas 3000 hektare lebih di Kalimantan Timur.

Lokasi tepatnya di Kecamatan Muara Badak dan Marangkayu, Kabupaten  Kutai Kartanegara.

100 persen sahamnya dimiliki oleh PT Ragam Tambang Semesta, anak perusahaan SEAM Group.

Lokasi tambang ini sangat strategis jika dilihat dari jarak tambang dengan pelabuhan khusus batu bara yang terletak di Sungai Citra.

Asep Sulaeman Sabanda, CEO SEAM Group dalam arahannya kepada masing-masing direktur PT Marwan Putra dan PT SCII berpesan agar semaksimal mungkin operasi tambang di Muara Badak dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi masyarakat sekitar.

Kedua perusahaan ini juga diminta tetap menjaga kondusifitas lingkungan.

"Di manapun SEAM Group berada, harus bisa bersenyawa dengan masyarakat sekitar dan memberikan nilai keunggulan bagi daerah tersebut," kata Asep.

SEAM Group adalah holding company yang memiliki diversifikasi usaha di bidang peternakan, infrastruktur, power plant, manufaktur boiler, batching plant, asphalt mixing plant, tambang batubara, stone crusher dan quary batu yang tersebar di banyak tempat di Indonesia.

SEAM Group berencana melakukan IPO tahap pertama di tahun 2020 melalui sub-holding PT Berkah Saksama Adikarya (BISA).

Kemudian IPO bidang energi terpadu di tahun 2021 atau paling lambat 2022 melalui sub-holding PT. Sumber Energi Mahesa Intiutama (SEMI).



 

 

Related Regular News: