Target Setoran PNBP Tetap Digenjot Walaupun Harga Batubara Diprediksi Turun

Sumber :  https://insight.kontan.co.id/news/proyeksi-harga-batubara-turun-target-setoran-pnbp-tetap-digenjot

KONTAN.CO.ID 5 September  2019 memberitakan bahwa Badan Anggaran (Banggar) DPR menolak usulan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) untuk memangkas target penerimaan negara bukan pajak (PNBP) mineral dan batubara (minerba).

DPR meminta pemerintah tetap menggenjot PNBP minerba di  Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2020 meskipun harga batubara sedang turun. Dus, pemerintah dan Banggar DPR akhirnya menyepakati target PNBP minerba tahun depan sebesar Rp 44,39 triliun, sesuai usulan dalam RAPBN 2020.  Angka itu terdiri dari PNBP batubara senilai Rp 26,2 triliun dan PNBP mineral lainnya yang senilai Rp 18,1 triliun.

"Ini menjadi tantangan pemerintah untuk tetap menggenjot penerimaan batubara," kata Said Abdullah, Wakil Ketua Banggar DPR, Rabu (4/9). Direktur Jenderal Mineral dan Batubara Kementerian ESDM Bambang Gatot memperkirakan, PNBP minerba pada tahun depan hanya sebesar Rp 37,24 triliun.

Angka ini lebih rendah dari usulan pemerintah di RAPBN 2020, yakni Rp 44,39 triliun. Penerimaan yang diperkirakan lebih rendah itu mempertimbangkan penurunan harga batubara acuan (HBA) dengan asumsi kurs rupiah tetap Rp 14.400 per dollar Amerika Serikat (AS).

"Awalnya, HBA masih menggunakan di atas US$ 77 per ton dan saat ini diperkirakan bisa mencapai US$ 70 per ton di 2020," kata Bambang saat rapat panitia kerja (Panja) Badan Anggaran DPR, Rabu (4/9).

Bambang menambahkan, penurunan HBA terjadi karena sentimen global, terutama, berlanjutnya perang dagang antara AS dengan China. Ini membuat permintaan batubara dalam tren penurunan. Dalam Nota Keuangan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2020, harga batubara acuan tersebut sejatinya sudah lebih rendah dibandingkan dengan tahun ini. Sebagai catatan pada 2018, HBA tercatat masih sebesar US$ 99 per ton.

Angka ini memang naik dibanding dengan tahun sebelumnya yang sebesar US$ 85,9 per ton.Tapi produksi batubara 2019 turun jadi 530 juta ton dari tahun sebelumnya 548,6 juta ton. Untuk tahun 2020, pemerintah memperkirakan HBA turun menjadi sebesar US$ 90 per ton. Namun produksi batubara tahun depan ditaksir stagnan atau masih sama dengan realisasi tahun 2019.

 

Related Regular News: