Kunjungan Tim JCOAL dan JOGMEC ke Sekretariat APBI-ICMA (28 Agustus 2019)

Pada hari Rabu 28 Agustus 2019, Tim JCOAL dan JOGMEC dari Jepang mengunjungi  APBI. Tim  di pimpin oleh Masafumi Uehara, Asisten Sekretaris General JCOAL  yang telah beberapa kali berkunjung ke APBI.

Seperti diketahui  JCOAL  merupakan satu-satunya institusi di Jepang yang memainkan peran utama pada industri batubara dari hulu  ke hilir. Selanjutnya JOGMEC  adalah institusi perkumpulan perusahaan Minyak, Gas dan Logam Nasional di Jepang (JOGMEC) yang didirikan pada tanggal 29 Februari 2004 berdasarkan Undang-Undang Mengenai Perusahaan Minyak, Gas dan Logam Nasional Jepang, yang diumumkan secara resmi pada tanggal 26 Juli 2002.

Sebagai mana diketahui sebelumnya   bahwa APBI-ICMA telah melakukan Memorandum of Understanding (MoU) bersama Japan Coal Energy Center (JCOAL) pada 18 Juli 2018 terkait isu lingkungan, pengembangan sumber daya dan pemanfaatan batubara.

Adapun tujuan kerjasama tersebut untuk berbagi informasi terkait isu lingkungan, pengembangan sumber daya dan pemanfaatan batubara melalui program pelatihan, diskusi dan bertukar informasi agar dapat di implementasikan pada bisnis di Indonesia.

Kegiatan FGD/Seminar yang akan dilaksanakan dibagi menjadi 3 fokus, antara lain dengan topik:

1. Environmentaly compliant and effective fly ash and bottom ash utilization

2. Co-combustion of coal and biomass

3. Prevention of spontaneous combustion of low rank coal

Dalam kesempatan kali ini JCOAL dan JOGMEC datang untuk mencari informasi terkini terkait dengan perindustrian khususnya batubara, karena Jepang merupakan salah satu pengimpor batubara kalori tinggi dari Indonesia.

Adapun hal-hal yang ingin diketahui ialah tentang prospek transportasi pengangkutan batubara di Indonesia mulai dari darat, kereta api, hingga laut/ dengan kapal, lalu yang kedua ialah terkait dengan target produksi batubara Indonesia yang menurut RUEN dan RPJMN akan dipatok 400 juta ton yang mana jumlah tersebut sangat rendah dibandingkan dengan aktual realisasi produksi batubara nasional. Selanjutnya JCOAL akan mengadakan mini-seminar pada tanggal 5 September di APBI-ICMA.

 

Related Regular News: