Rapat Finalisasi Kriteria Penilaian Pemenuhan Kepatuhan PNBP, 27 Agustus 2019

Rapat finalisasi  Kriteria Penilaian  Pemenuhan Kepatuhan PNBP dilakukan kembali pada tanggal 27 Agustus 2019, dalam rapat ini  dihadiri beberapa  juri yang akan bertugas dalam PNBP reward ini. Rapat dipimpin langsung oleh Jonson Pakpahan (Direktur Penerimaan  Mineral dan Batubara). Hadir  dalam rapat ini Jeffrey Mulyono (Penasehat PERHAPI)/Anggota Dewan Juri, Milawarma (Penasehat APBI)/Anggota Dewan Juri  yang ditunjuk oleh Pengurus  APBI-ICMA, Perwakilan EITI dan beberapa undangan lainnya.

Beberapa poin utama yang di sampaikan dalam rapat ini yang pertama terkait penyampaian maksud dan tujuan  dalam rangka PNBP Reward. Acara yang digagas Kementerian  ESDM ini mempunyai maksud dan tujuan memberikan apresiasi  kepada perusahaan  yang patuh  dalam melaksanakan kewajiban  pembayaran  PNBP, mendorong wajib bayar (WaBa) sektor  minerba agar disiplin melakukan kewajiban pembayaran  PNBP, dan agar penerimaan  dan pemanfaatan PNBP sektor minerba lebih  meningkat dan optimal.

Yang kedua adalah pembahasan beberapa kategori dan kriteria dalam penilaian pemenuhan kepatuhan PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak) meliputi wajib bayar dengan tingkat  kepatuhan pembayaran  PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak)  tertinggi, yang akan terbagi dalam kelompok PKP2B/KK/IUP/BUMN, selanjutnya wajib bayar dengan kontribusi PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak) terbesar, yang akan terbagi dalam kelompok PKP2B/KK/IUP/BUMN dan yang terakhir tentang daerah pengelola dana bagi hasil terbaik, kelompok Kabupaten/Provinsi.

Yang ketiga adalah  terkait periode penilaian PNBP dimana akan  dilakukan untuk periode pembayaran  PNBP  tahun  2018.

Yang Keempat  terkait bobot penilaian untuk  Dana Bagi Hasil (DBH), meliputi beberapa poin penilaian tentang  rencana dan realisasi DBH, jumlah pengawasan terhadap jumlah IUP, anggaran inspektur tambang, Upaya penyelesaian piutang dan anggaran dinas ESDM.

Yang Kelima  terkait  Tim Penilai/Juri  dalam acara ini yang meliputi Ditjen Minerba, EITI, Itjen, Sekjen, Asosiasi (PERHAPI, API-IMA dan APBI-ICMA), Direktorat PNBP, Ditjen Anggaran Kemenkeu RI dan Pakar Pertambangan.

Yang keenam  terkait tahapan Penilaian meliputi evaluasi administrasi, validasi, verifikasi dan  penilaian, diskusi tim panelis  dan penghargaan.

Yang ketujuh tentang penyelenggaraan acara  meliputi Venue yang akan diselenggarakan di Setjen Kementerian ESDM, sedangkan acara penyelenggaraan  pada acara  HUT Pertambangan.

 

Related Regular News: