PLN Berharap Harga Batu Bara Khusus Kelistrikan Diperpanjang pada 2020

Sumber : https://www.liputan6.com/bisnis/read/4049636/pln-ingin-harga-batu-bara-khusus-kelistrikan-diperpanjang?related=dable&utm_expid=.9Z4i5ypGQeGiS7w9arwTvQ.1&utm_referrer=https%3A%2F%2Fwww.google.com%2F

Liputan6.com, 29 Agustus 2019 memberitakan bahwa  PT PLN (Persero) menginginkan penetapan harga khusus batu bara untuk sektor kelistrikan, dengan patokan tertinggi US$70 per ton diperpanjang pada 2020. Hal tersebut telah disampaikan ke Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM).

Pelaksana tugas Direktur ‎Utama PLN Sripeni Inten Cahyani mengatakan, harga batu bara memiliki peran besar dalam pembentukan biaya pokok produki listrik, sebab porsi batubara dalam bauran energi kelistrikan sebesar 62 persen.

"karena 62 persen bauran energi lsitrik masih dari batu bara. Sementara batubara ini ada kaitannya dengan Harga Batubara Acuan (HBA)," kata Inten, di Jakarta, Kamis (29/8/2019).

Menurut Inten, karena batu bara memegang peran penting dalam pembentukan biaya pokok produksi listrik, maka PLN ingin kebijakan harga khusus untuk sektor kelistrikan‎ dengan patokan tertinggi USD 70 per ton diperpanjang pada 2020, untuk diketahui kebijakan tersebut hanya berlaku sampai 2019.

"Semenatra tahun 2018 sejak april sampai akhir 2019 pemerintah sudah memberikan patokan harga batu bara untuk DMO, tapi berakhir tahun ini," tuturnya.

Inten mengaku PLN sudah mengusulkan harga khusus batubara untuk‎ sektor kelistrikan diperpanjang ke Kementerian ESDM, hal ini untuk mengantisipasi kenaikan harga batu bara agar tarif listrik tetap stabil.

"Kami sangat mengharapkan pemerintah atau DPR bisa mendorong untuk bisa memperpajangnya," tandasnya.

Related Regular News: