Rapat Pembahasan Identifikasi Daftar Perusahaan Dalam rangka Imbal Dagang dengan Korea Selatan (21 Agustus 2019)

Menidaklanjuti  rencana imbal dagang Indonesia dengan pihak Korea Selatan terkait  kerjasama pengembangan pesawat tempur Korea Fighter Xperiment/Indonesia Fighter Experiment (KF-X/IF-X)  maka diadakan  kembali rapat lanjutan dengan pembahasan  identifikasi daftar perusahaan  batubara  yang bisa ikut serta dalam proses  imbal  dagang ini pada hari Rabu,21 Agustus  2019 bertempat di kantor Kementerian Perdagangan.

Rapat ini dipimpin langsung oleh  Direktur Fasilitasi ekspor impor Olvy Andrianita. Hadir  dalam rapat ini perwakilan  dari  APBI-ICMA, beberapa perusahaan  batubara seperti dari PT.Adaro Indonesia, PT.Berau Coal, PT.Antang Gunung Meratus, PT.Mitrabara Adi Perdana Tbk dan lain-lain. Selain dari perusahaan batubara  hadir pula  perwakilan  dari PT. Dirgantara Indonesia, Asosiasi Tekstil,  beberapa perusahaan lainnya, serta  beberapa instansi pemerintah sesuai  undangan.

Dalam kesempatan ini dilakukan  identifikasi  beberapa perusahaan  batubara  yang akan ikut serta  dalam proses imbal dagang dengan Korea Selatan. Beberapa perusahaan  batubara  menyampaikan  masukannya  agar proses imbal dagang ini bisa berjalan dengan lancar seperti kalori batubara  yang dibutuhkan Korea Selatan harus lebih jelas, kontinuitas perusahaan batubara yang bisa suplai batubara serta kemampuan kapasitas produksi perusahaan  batubara yang akan ikut serta dalam imbal dagang ini.

Selain komoditas batubara, maka dalam rencana pertemuan dengan pihak Korea Selatan tanggal 3-4 September  2019  akan dikomunikasikan kembali komoditas apa saja selain  batubara  yang bisa di ikutsertakan dalam proses imbal dagang ini. Beberapa  komponen  hasil perusahaan PT.Dirgantara Indonesia, barang-barang tekstil dan kelapa sawit  akan diusulkan kembali agar bisa menjadi komoditas  yang bisa  dipilih oleh pihak Korea Selatan dalam proses imbal dagang ini.

Sehubungan diperlukan data  detail  dari masing-masing perusahaan  batubara untuk  kelancaran  proses imbal dagang ini, maka  akan dilakukan  pertemuan khusus dengan masing-masing perusahaan batubara  dikemudian hari.

Related Regular News: