Wawancara iNews TV dengan Direktur Eksekutif APBI-ICMA, Hendra Sinadia (20 Agustus 2019)

iNews TV pada hari  Selasa,20 Agustus 2019 berkenan melakukan wawancara  dengan Direktur  Eksekutif  APBI-ICMA, Hendra Sinadia.  Dalam kesempatan ini disampaikan beberapa hal antara lain terkait estimasi produksi,  besaran ekspor dan penjualan domestik  tahun 2019. Terkait  penerimaan PNBP dari sektor pertambangan sampai bulan Jul 2019 Kementerian Energi dan Sumberdaya Mineral (ESDM) mencatat  PNBP  minerba telah mencapai Rp 23,3 Triliun atau sekitar 53,85% dari target  PNBP tahun 2019 sebesar 43,27 Triliun.

Lebih lanjut dalam wawancara ini Direktur Eksekutif  menjelaskan tentang pentingnya pemberantasan  PETI (Penambangan Tanpa Izin)/ Penambangan ilegal, karena bila tidak ditindak penambangan ilegal ini akan semakin marak dan sangat merugikan negara. Disisi lain perusahaan-perusahaan batubara yang legal telah membayar semua kewajibannya, baik royalti, PPH Badan dan pajak – pajak lain yang cukup memberatkan, sementara PETI  tidak membayar  kewajiban sama sekali kepada pemerintah.

Beberapa hal lainnya yang sempat disampaikan antara lain kewajiban penggunaan  asuransi  nasional yang telah mulai berlaku sejak 1 Juni  2019. Saat ini pemerintah telah membuat peraturan terkait  kewajiban penggunaan kapal nasional  yang akan diberlakukan  mulai tahun 2020.

Related Regular News: