Bangun dua PLTU, Bukit Asam (PTBA) gandeng China Huadian Hongkong Company Ltd

Sumber :  https://industri.kontan.co.id/news/bangun-dua-pltu-bukit-asam-ptba-gunakan-teknologi-china

KONTAN.CO.ID  27 Agustus 2019  PT Bukit Asam Tbk  saat ini sedang menggarap dua proyek Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU), yakni PLTU Mulut Tambang Sumsel 8 di Muara Enim dan PLTU Feni Halmahera Timur. Kedua PLTU ini akan mengadopsi teknologi dari China.

PLTU Sumsel 8 dibangun oleh PT Huardian Bukit Asam Power (HBAP) menggunakan skema konsorium antara PTBA dengan China Huadian Hongkong Company Ltd. Mulai dibangun pada Juni 2018, nantinya pembangkit listrik ini akan berkapasitas 2x620 MW.

Nilai investasinya sendiri sebesar US$ 1,68 miliar dan didanai oleh Bank Ekspor Impor China (Chexim). “Karena ini proyek financing maka proyek ini sendiri yang menjadi jaminan untuk pendanaan itu,” ujar Corporate Secretary PTBA Suherman saat acara Public Expose Live 2019 di Bursa Efek Indonesia, Selasa (27/8).

Hingga saat ini PLTU Sumsel 8 masih dalam proses konstruksi dan direncanakan akan beroperasi secara komersial pada 2021.

Sementara itu, PLTU Feni Halmahera Timur merupakan proyek sinergi PTBA dengan PT Aneka Tambang Tbk (ANTM). Saat ini, PLTU Feni masih dalam proses studi kelayakan (feasibility study). Jika beroperasi, nantinya PLTU Feni akan memiliki kapasitas 3x60 MW.

Proyek PLTU Halmahera akan menelan nilai investasi US$ 350 juta, namun Suherman belum bisa menyebutkan sumber pendanaannya. “Pendanannya belum kami tentukan apakah nanti dari dana sendiri atau pihak ketiga, baik itu pihak perbankan maupun pihak lainnya,” lanjut Suherman.

Selain PLTU, PTBA juga akan membangun Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) berkapasitas 3x17 MW. Hal ini karena karakteristik smelter di Halmahera Timur membutuhkan tenaga listrik yang cukup besar sehingga tidak cukup apabila hanya membangun PLTU saja.

PLTU dan PLTD ini akan menyediakan pasokan energi listrik bagi pabrik feronikel ANTM yang terletak di Halmahera Timur. Nantinya, PTBA akan membentuk joint venture (JV) dengan ANTM untuk mengombinasikan pengoperasian PLTU dan PLTD ini.

 

Related Regular News: