Grup Sinarmas Tambah Kepemilikan Saham di Stanmore Coal Limited Australia

Sumber : https://insight.kontan.co.id/news/grup-sinarmas-tambah-kepemilikan-saham-di-perusahaan-batubara-kokas-australia?page=1

KONTAN.CO.ID 22 Agustus 2019 memberitakan bahwa Grup Sinarmas menambah kepemilikan saham di perusahaan tambang batubara Australia, Stanmore Coal Limited, setelah pada Januari lalu gagal menggelar penawaran tunai alias tender offer.

Penambahan kepemilikan saham di Stanmore Coal ini dilakukan oleh Golden Investments (Australia) Pte. Ltd., anak usaha Golden Energy Resources Limited (GEAR).

Dalam keterbukaan informasi di Singapore Exchange, direksi Golden Energy mengumumkan bahwa Golden Investments pada 19 Agustus lalu telah membeli 6,6 juta saham Stanmore Coal. Jumlah saham yang Golden Investments beli itu setara dengan 2,58% dari total saham Stanmore.

Transaksi pembelian saham dilakukan di harga A$ 1,47 per saham. Nilai transaksi pembelian saham itu sebesar A$ 9,7 juta. Dengan asumsi kurs Rp 9.665 per dollar Australia, nilai transaksi tersebut setara dengan Rp 93,75 miliar. Transaksi tersebut akan dibayar secara tunai menggunakan kas internal perusahaan. Pasca transaksi tersebut, kepemilikan Golden Investments di Stanmore Coal meningkat dari 25,85% menjadi 28,42%.

November 2018 lalu, Golden Energy mengakuisisi  50,1 juta saham yang mewakili 19,9% total saham Stanmore Coal.Transaksi akuisisi senilai A$ 47,6 juta itu telah selesai pada 4 Desember 2018. Bertepatan dengan penyelesaian transaksi, Golden Energy melalui Golden Investments menggelar penawaran tunai alias tender offer atas seluruh saham Stanmore Coal di harga penawaran sebesar A$ 0,95 per saham.

Namun, hingga masa penawaran ditutup, penawaran yang masuk dan diterima hanya sebanyak 13,96 juta saham yang mewakili 5,52% dari total saham Stanmore. Alhasil, pasca tender offer, Golden Energy hanya mengempit 25,36% dari total saham Stanmore Coal.

Pada 30 Januari 2018, Golden Energy mengalihkan 19,9% kepemilikan saham di Stanmore Coal ke Golden Investments. Pengalihan saham Stanmore itu ditujukan untuk menambah modal Golden Investments. Imbasnya, kepemilikan saham Golden Energy di Golden Investments meningkat menjadi hampir 100%.

Sebelumnya, Golden Energy hanya mendekap 51% kepemilikan saham di Golden Investments. Sementara 49% disanya dimiliki oleh Ascend Global Investment Fund SPC. Stanmore Coal merupakan perusahaan batubara yang sahamnya diperdagangkan di Australin Securites Exchange. Sebagai produsen batubara kokas, Stanmore Coal mengoperasikan tambang batuara kokas Isaac Plains di Bowen Basin, Queensland, Australia.

Golden Energy merupakan lengan bisnis Grup Sinarmas di sektor pertambangan. Pemegang saham mayoritas Golden Energy adalah PT Dian Swastatika Sentosa Tbk (DSSA) yang menguasai kepemilikan saham sebesar 86,87%.

 

Related Regular News: