Undangan Workshop PROPER Life Cycle Assessment

Pada tanggal 6 Maret 2019, APBI Learning Center bekerjasama dengan Komite Lingkungan & Kehutanan APBI mengadakan workshop terkait dengan Life Cycle Assessment (LCA). Workshop tersebut dipimpin oleh Komite Kehutanan dan Lingkungan Hidup APBI-ICMA ini dengan menghadirkan langsung Sigit Reliantoro yang menjabat sebagai Sekjen Ditjen Pengendalian Pencemaran & Kerusakan Lingkungan KLHK sekaligus juga bertugas di Sekretariat PROPER LH sebagai narasumber dalam kegiatan workshop ini. Kehadiran Sigit Reliantoro merupakan yang kedua kali di APBI setelah yang pertama beliau hadir dalam acara yang diadakan oleh Komite Lingkungan & Kehutanan APBI membahas benchmark PROPER LH.  

Workshop ini diusulkan karena LCA ini merupakan sesuatu hal yang baru dalam kriteria penilaian PROPER. Menurut pihak KLHK, dalam beberapa tahun terakhir kurikulum kompetensi teknis LCA telah dikaji dan dikembangkan KLHK bersama sejumlah universitas, lembaga penelitian dan lembaga profesi ilmiah LCA termasuk ILCAN. Hasil kajian tersebut telah ditindaklanjuti dengan diterbitkannya Peraturan Direkturat Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Nomor: P.14/PPKL/ SET/ DIK.0/9/2018 tentang Materi Penilaian Daur Hidup untuk PROPER.

Sigit Reliantoro menyampaikan beberapa paparan penting dalam workshop ini, mulai dari review kinerja perusahaan dalam pemberian nilai PROPER, langkah langkah apa yang harus dilakukan oleh para pelaku usaha untuk mendapatkan nilai yg maksimal untuk penilaian PROPER, sampai penjelasan singkat pencapaian perusahaan terhadap SDGs dan LCA ini.

Related Regular News: