MINING FOR LIFE

APBI-ICMA ikut menghadiri dan berpartisipasi dalam acara “Mining for Life” yang digelar oleh Indonesian Mining Association (API-IMA) tanggal 19 Januari 2019 di Museum Geologi Bandung. Acara dibuka oleh Ido Hutabarat selaku Ketua Umum IMA, diadakannya acara ini bertujuan untuk sosialisasi dan memberikan edukasi masyarakat terkait peran serta manfaat pertambangan dalam kehidupan sehari-hari. 

Dalam opening speech Ido Hutabarat menyebut bahwa acara ini diadakan untuk memberikan gambaran positif mengenai pertambangan melalui peran dan praktek pertambangan yang berkelanjutan (sustainable and good mining practice). Dengan harapan masyarakat tidak terus berpikir negatif mengenai pertambangan akibat dampak lingkungan. Melainkan, perusahaan tambang yang menjunjung tinggi komitmen memberi banyak kontribusi baik dari aspek perkembangan peradaban manusia dengan adanya pembangunan kota mandiri, lapangan pekerjaan, maupun dari aspek penerimaan negara.

Untuk kali pertama IMA mengadakan kegiatan seperti ini dengan mengundang CEO perusahaan tambang dan para pimpinan media massa nasional untuk hadir dan terlibat langsung dalam acara ini. Rangkaian acara terdiri dari: diskusi, instalasi & video informatif, pameran foto, pameran perusahaan tambang, kompetisi karya jurnalistik, kompetisi foto sosial media, kompetisi vlog stand-up comedy dan pertunjukan musik.

Hendra Sinadia Wakil Ketua Indonesian Mining Institute (IMI) yang juga Direktur Eksekutif APBI-ICMA menjadi salah satu narasumber dalam sesi panel diskusi acara “Mining for Life Talk” dengan panelis lain yaitu Sukmandaru Prihatmoko (Ketua IAGI), Tony Wenas (Sekretaris Jenderal API-IMA), dan Budi Gunadi Sadikin (Dirut PT Inalum) dan dipandu oleh Suryo Pratomo (Direktur Utama Metro TV). Acara panel diskusi dihadiri oleh puluhan pemimpin redaksi berbagai media mainstream (cetak, tv, radio) dibawah koordinasi Forum Pemimpin Redaksi yang diketuai oleh Kemal Gani.

Rudi Suhendar Kepala Badan Geologi yang mewakili Menteri ESDM dalam membuka acara “Mining for Life” mengatakan peran pertambangan terlihat jelas menjadi salah satu sumber penerimaan negara, berkontribusi dalam pembangunan daerah melalui program CSR/ Program Pemberdayaan Masyarakat (PPM), meningkatkan investasi dan menjadi salah satu sumber energi dan bahan baku tenaga listrik. Pada tahun 2018 perolehan PNBP sektor mineral dan batubara melebihi target yang ditetapkan. Dalam hal ini diharapkan pertambangan dapat terus berkontribusi optimal. KESDM sangat mengapresiasi kepada panitia penyelenggara dan seluruh pihak yang terlibat dalam terselenggaranya acara.

Related Regular News: