Rapat kerja bidang I (komite Humas & Hubungan Eksternal APBI)

Rapat kerja bidang I (komite Humas & Hubungan Eksternal APBI)

Wakil Ketua APBI-ICMA Bidang-1 Kurnia Ariwawan memimpin Rapat penyusunan program kerja 2019 bidang-1 yang membawahi Komite Humas & Komite Hubungan Eksternal pada tanggal 17 Januari  2019. Dalam rapat tersebut disepakati program kerja prioritas yaitu strategi komunikasi APBI-ICMA di 2019 dengan menggunakan momentum perayaan ulang tahun (anniversary) asosiasi yang ke-30 di tahun ini. Momentum perayaan ulang tahun (anniversary) APBI-ICMA yang ke 30 di tahun 2019 perlu dimanfaatkan sebagai strategi kehumasan untuk memperlihatkan kepada publik dan pemerintah mengenai kontribusi positif dari sektor industri pertambangan batubara serta dukungan yang diperlukan untuk keberlanjutan industri tersebut.

Sebagai bagian dari rangkaian strategic campaign 2019 dalam rangka 30 tahun anniversary APBI-ICMA maka logo perayaan 30th APBI-ICMA akan dibuat dan digunakan dalam materi presentasi, publikasi di berbagai kegiatan yang diselenggarakan atau diikuti ole APBI-ICMA termasuk di kegiatan 25th Coaltrans Asia Juni mendatang di Bali. Adapun tema yang diusulkan adalah “Energi Untuk Indonesia” untuk menyebarluaskan peranan batubara sebagai sumber energi primer yang paling diandalkan untuk menopang ketahanan energi nasional.

Adapun program kehumasan (PR) yang disepakati yaitu courtesy call ke beberapa media cetak, dan media visit to coal mining sites. Program courtesy call ke media direncanakan setahun dua kali, dimana Pengurus akan berkunjung ke media-media tertentu untuk perkenalan sekaligus berdiskusi dengan dewan redaksi media-media tersebut. Selain itu, akan diupayakan juga program media visit, dimana jurnalis diundang untuk berkunjung melihat ke site lokasi kegiatan usaha beberapa perusahaan anggota. Diskusi dengan para jurnalis juga akan diupayakan secara regular dengan beragam topik dari isu perpajakan, produksi, lingkungan, reklamasi, CSR, dll.

Untuk program terkait dengan Komite Hubungan Eksternal akan disinergikan dengan “APBI Learning Center yang dibentuk oleh Pengurus APBI-ICMA sebagai center of excellence untuk kegiatan pertambangan batubara di tanah air. Untuk memperkuat sinergitas dengan pemerintah dalam hal ini Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara serta bagian dari kegiatan “APBI Learning Center” diusulkan agar membuat kerjasama dengan DJMB untuk sosialisasi peraturan/kebijakan dari DJMB. Dalam kerjasama tersebut, acara sosialisasi akan dibuka oleh Direktur Jenderal Minerba, kemudian diikuti oleh para direktur di DJMB dengan topik yang disesuaikan dengan topuksi masing-masing direktur. Selain itu, Komite juga menjajaki kerjasama dengan DMJB untuk memfasilitasi acara “pembekalan” kepada para inspektur tambang junior yang akan ditempatkan di ESDM. Pembekalan tersebut akan bermanfaat bagi para inspektur tambang, pemerintah dalam hal ini sebagai regulator dan pelaku usaha.

Related Regular News: