Pelantikan Dewan Pengurus Pusat PERHAPI periode 2018-2021

Pelantikan Dewan Pengurus Pusat PERHAPI periode 2018-2021

Ketua DPP PERHAPI periode 2018-2021 Rizal Kasli secara resmi melantik anggota Dewan Pengurus, Dewan Penasehat, Dewan Pengawas, dan Dewan Pakar PERHAPI. Acara pelantikan dilaksanakan pada tanggal 16 Januari 2019 bertempat di kantor Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara yang dihadiri oleh Dirjen Minerba. Acara diawali oleh sambutan kunci (keynote) dari Dirjen Minerba yang menyampaikan capaian dari DJMB di tahun 2018 dan arah kebijakan DJMB di tahun 2019. Dalam kesempatan tersebut, Bambang Gatot Ariyono Dirjen Minerba juga menjelaskan secara singkat proses akuisisi PT Freeport Indonesia yang telah diselesaikan di akhir desember 2018 yang lalu.

Selain Dirjen Minerba, acara tersebut diisi oleh paparan dari Budi Gunadi Sadikin Direktur Utama PT Inalum mengenai divestasi PTFI dari perspektif Inalum. Hal itu untuk menjawab banyaknya keraguan di publik terkait akuisisi saham divestasi PTFI yang dianggap oleh sebagian publik sebagai suatu kebijakan yang tidak tepat karena berpotensi menimbulkan kerugian negara. Dalam paparannya Dirut Inalum menjelaskan potensi keuntungan yang didapatkan oleh Inalum dari akuisisi PTFI tersebut. Sebelum paparan dari Inalum, acara diisi oleh orasi ilmiah dari Rudy Sayoga ahli teknik lingkungan dari Institut Teknik Bandung yang memaparkan soal isu air asam tambang.

Dalam acara pelantikan DPP PERHAPI 2018-2021 dihadiri juga oleh beberapa senior sektor pertambangan minerba yang juga duduk di struktur Dewan Penasehat, Dewan Pengawas, dan Dewan Pakar. Beberapa anggota Pengurus APBI-ICMA seperti antara lain Adri Kurnia dan Hendra Sinadia juga duduk di kepengurusan PERHAPI saat ini. Ketua PERHAPI Rizal Kasli dalam sambutan singkatnya mengharapkan kerjasama yang erat dari segenap unsur DPP untuk kemajuan PERHAPI dan sektor pertambangan mineral dan batubara. Di awal sambutannya Dirjen Minerba juga berharap agar PERHAPI lebih aktif berperan untuk mendukung dilaksanakannya good mining practice di kegiatan pertambangan di tanah air. PERHAPI yang beranggotakan lebih dari 5000 orang yang tersebar di berbagai provinsi merupakan salah satu stakeholder penting yang dapat mendorong pengembangan sektor pertambangan nasional.

Related Regular News: