Penandatanganan kerjasama antara APBI-ICMA dan Jumore E-Commerce Co., Ltd

Penandatanganan  kerjasama antara  APBI-ICMA  dan  Jumore E-Commerce Co., Ltd

Pada  tanggal 11 Desember 2018, Asosiasi Pertambangan Batubara Indonesia dan Jumore Global menjalin kerjasama untuk digital platform bisnis trading batubara. Penandatanganan kerjasama tersebut dilakukan oleh Pandu Sjahrir selaku Chairman APBI-ICMA dan Lu Hongxiang selaku Chairman Jumore E-Commerce Co., Ltd. Penandatanganan  kerjasama ini merupakan  kelanjutan dari pertemuan antara  anggota  APBI dengan pihak Jumore pada  tanggal 31 Oktober  2018 bertempat di sekretariat APBI yang di prakarsai oleh Dubes Indonesia untuk Tiongkok dan Mongolia Djauhari Oratmangun. .

Pada awalnya  penandatanganan  MOU ini akan  dilakukan di Shanghai China bertepatan dengan acara China Import Conference & Exhibition akan tetapi pada akhirnya bisa terwujud penandatanganan kerjasama ini di Jakarta. Dalam kerjasama ini Jumore melihat pangsa pasar Indonesia cukup potensial dimana Indonesia adalah negara eksportir batubara terbesar ke Tiongkok. Disisi lain, APBI melihat bahwa kerjasama melalui digital platform yang ditawarkan oleh Jumore merupakan suatu peluang yang menarik untuk di eksplore guna memberikan peluang bagi para eksportir kita. Selain itu, data base pelaku usaha yang dimiliki oleh Jumore juga memberikan peluang menarik bagi eksportir batubara kita untuk menjajaki kerjasama dalam penetrasi ke pasar China.

Jumore merupakan Platform e-commerce business to business asal China yang menghubungkan pengusaha dari berbagai negara. Jumore memiliki komitmen untuk membantu ekspor batubara Indonesia ke China dan negara lain. Jumore telah memiliki networking di puluhan negara di dunia. Sedangkan Indonesia merupakan salah satu negara terkini yang akan di eksplore oleh pihak Jumore.

Adapun yang melatarbelakangi kerjasama ini yaitu: Indonesia sebagai mitra perdagangan utama bagi Cina dan sebagai inti perekonomian di wilayah ASEAN, digital transformasi akan memberikan manfaat bagi mitra ekonomi untuk merangsang pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan produktifitas,dan Jumore sebagai pemain utama transformasi digital dalam perdagangan global dan rantai pasokan.

Kerjasama yang akan berlangsung 2 tahun kedepan ini, bertujuan membentuk proyek kolaborasi untuk menstimulasi dan mengekspos anggota APBI-ICMA kepada prospek perdagangan bisnis trading batubara secara digital yang menjanjikan, memberikan kemudahan akses pasar bagi para pelaku bisnis batubara agar dapat memasarkan dan mengekspor produknya bukan hanya di Indonesia, namun juga di pasar China, serta mengembangkan digital platform yang terbaik untuk membantu anggota APBI-ICMA dalam upaya menjangkau pasar global.

Agar tercapainya tujuan tersebut hal yang akan dilakukan APBI-ICMA, antara lain:

  • Menghimbau dan mengajak anggota untuk bergabung ke platform Jumore;
  • Menciptakan cross-links dan model kerjasama antara institusi dan plaform digital;
  • Menciptakan sebuah sub-platform untuk anggota pada situs Jumore Global, guna memfasilitasi bisnis antara anggota APBI-ICMA dan mitra bisnis global.

Rencananya sosialisasi penggunaan platform akan dilakukan pada bulan Januari 2019 kepada anggota APBI-ICMA. Untuk itu kita harapkan semoga kerjasama ini dapat memberikan manfaat positif bagi APBI-ICMA dan juga para anggotanya.

Related Regular News: