Penandatangan MOU antara Jcoal dan APBI-ICMA

Penandatangan MOU antara  Jcoal dan APBI-ICMA

Pada hari Selasa, 4 Desember 2018  APBI-ICMA menerima kunjungan dari Japan Coal Energy Center. Pada kunjungan kali ini perwakilan JCOAL yang hadir adalah Mr. Norio Ishihara (Chief Geologist), Mr. Shinjiro Teuchi (Assistant Manager)  dan Mrs. Yamada Fumiko (Assistant Director).

Jcoal merupakan satu-satunya institusi di Jepang yang memainkan peran utama pada industri batubara dari hulu  ke hilir, organisasi dibawah pemerintahan jepang dan hukum yuridis METI.

Jcoal mempromosikan berbagai kegiatan terkait pemanfaatan batubara, pasokan energi, pertumbuhan ekonomi berkelanjutan dan upaya pengurangan beban lingkungan global seperti emisi Co2.

Maksud kedatangan tim JCOAL adalah melakukan penandatangan kerjasama dengan APBI. Dalam hal ini Ketua Umum APBI-ICMA Pandu Sjahrir diwakilkan oleh Hendra Sinadia selaku Direktur Eksekutif dan President JCOAL Osamu Tsukamoto diwakilkan oleh Norio Ishihara selaku Chief Geologist Development Study Group. Dalam kerjasama tersebut JCOAL dan APBI-ICMA bermaksud menyelenggarakan FGD, Sharing session, Kajian, Seminar batubara berkala yang dikhususkan untuk anggota APBI-ICMA.

Adapun tujuan kerjasama ini untuk berbagi informasi terkait isu lingkungan, pengembangan sumber daya dan pemanfaatan batubara melalui program pelatihan, diskusi dan bertukar informasi agar dapat diimplementasikan pada bisnis di Indonesia.

Kegiatan FGD/Seminar yang akan dilaksanakan dibagi menjadi 3 fokus, antara lain dengan topik:

1. Environmentaly compliant and effective fly ash and bottom ash utilization

2. Co-combustion of coal and biomass

3. Prevention of spontaneous combustion of low rank coal

Sebelumnya APBI-ICMA juga mensupport Jcoal dalam penyelenggaraan acara seperti: Clean Coal Technology (CCT) Seminar “High Efficiency and Low Emission coal utilization technology towards sustainable, stable and low carbon electricity generation” di Jakarta.

 

Related Regular News: