Rapat persiapan workshop Sustainable Development Goals (SDGs)

Rapat  persiapan  workshop  Sustainable Development Goals (SDGs)

Komite LHK APBI-ICMA mengajak API-IMA untuk melakukan pertemuan membahas tindak lanjut dari pertemuan di KLHK mengenai pelaksanaan sustainable development goals (SDGs). Rapat diadakan tanggal 27 Nopember 2018 di secretariat APBI untuk membahas penyiapan masukan dari APBI dan IMA terkait pelaksanaan SDG dimana pihak KLHK akan mengadakan workshop di tanggal 6 Desember 2018 di Bandung. Dalam acara Workshop di Bandung tersebut diharapkan para asosiasi yang hadir untuk menyampaikan capaian SDGs dengan menggunakan parameter yang disusun oleh KLHK.

Untuk memberikan pencerahan terkait dengan upaya pemerintah dalam memantau pelaksanaan SDGs, pihak secretariat APBI dan Komite LH mengundang narasumber yaitu Arief Senjaya dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) yang kebetulan saat ini sedang mendalami isu SDG. Dalam paparannya Arief Senjaya menyampaikan beberapa hal seperti penghitungan  rasio  Social Return On Investment ( SROI). SROI adalah cara untuk menguangkan (memonetisasi) nilai dampak sosial sehingga dampak tersebut seolah-olah dapat terukur dalam satuan atau sudut pandang keuangan

Komite LHK bekerjasama dengan secretariat APBI telah mengirimkan format pengisian SDGs kepada seluruh anggota yang nantinya masukan tersebut akan dikompilasi sebagai bahan posisi APBI dan IMA yang akan disampaikan di Workshop SDG di Bandung. Perusahaan diharapkan untuk mengisi data-data  realisasi  SDG’s yaitu data Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) tahun 2017 dan 2018, serta data penanaman didalam dan diluar area DAS tahun 2017 dan 2018.

Related Regular News: