9th CHINA – ASEAN MINING CONFERENCE & EXHIBITION – 14-16 NOPEMBER DI NANNING, GUANGXI, CHINA

Hendra Sinadia Direktur Eksekutif APBI-ICMA menghadiri undangan dari secretariat China-ASEAN Mining Cooperation Forum (CAMCAF) di acara 9th China-ASEAN Mining Conference & Exhibition (CAMCEF) tanggal 14-16 Nopember 2018 di kota Nanning, provinsi Guanxi Huang, Tiongkok. Hendra Sinadia hadir dalam kapasitas sebagai liason official untuk Indonesia yang bertugas mengkoordinasi delegasi dari Indonesia serta membantu secretariat CAMCEF dalam melaksanakan program-program kerjasama seperti antara lain training dan information sharing. Selain dari APBI, delegasi Indonesia juga diwakili dari Masyarakat Geologi Ekonomi Indonesia (MGE) dimana Ketua MGEI Arif Zardi hadir. Juga 2 orang wakil dari Kementerian ESDM dalam hal ini pejabat-pejabat dari Badan Geologi Kementerian ESDM.

CAMCEF dilaksanakan oleh Kementerian Natural Resources Tiongkok, dan Pemerintah Provinsi otonomi khusus Guangxi.  Acara CAMCEF tersebut merupakan rangkain dari acara tahunan China-ASEAN Business Summit (CABS) yang setiap tahun dihadiri oleh high-level pejabat pemerintah Tiongkok dan negara-negara ASEAN. Kota Nanning sendiri dirancang sebagai gerbang masuk China dengan negara-negara ASEAN dan merupakan kota yang menjadi pusat kerjasama China dengan ASEAN.

Acara dibuka secara resmi oleh Wakil Menteri Natural Resources Tiongkok Mr. Ling Yueming. Dalam pembukaan conference yang dihadiri lebih dari 1000 orang peserta, para pembicara kunci yang lain dari Menteri Energi dan Pertambangan dari Myanmar, Kambodia, Lao PDR, dan Niger. Selain itu acara CAMCEF juga diadakan beberapa sesi yang menunjukkan kerjasama pemerintah Tiongkok dengan berbagai negara terkait pengembangan pertambangan seperti antara lain di Niger, Morocco, Republik Dominika, dll. Ada beberapa sesi parallel (forum-forum) yang diadakan seperti antara lain mengenai Green Mining, Information Sharing Platform, Geological Cooperation Forum, dll.

Related Regular News: