APBI-ICMA 29th ANNIVERSARY

Acara perayaan ulang tahun (anniversary) APBI-ICMA yang ke-29 dilaksanakan pada hari Rabu 21  Nopember  2018  bertempat  di Hotel  JW  Marriott Mega Kuningan.   Acara perayaan yang pertama kali diadakan dalam kurun waktu lebih dari satu decade ini dihadiri oleh wakil dari perusahaan anggota utama dan anggota pendamping, para undangan dari berbagai stakeholders seperti wakil dari perguruan tinggi, civil society organization (CSO), think-tank, dll. Acara dihadiri pula oleh Menteri ESDM Ignasius Jonan dan wakil-wakil dari kementerian ESDM, kementerian perhubungan, Kementerian Koordinator bidang Perekonomian, dll. Acara dihadiri  sekitar  150 orang hadir  dalam acara ini.

Acara perayaan 29th Anniversary APBI-ICMA terdiri dari 2 rangkaian, yaitu diawali dengan DIskusi Panel dengan tema “Peran Industri Pertambangan Batubara Dalam Mendukung Perekonomian Nasional” yang menghadirkan  pembicara  Bambang Gatot (Dirjen  Minerba) , Agus Purnomo (Dirjen  Perhubungan  Laut) ,  Mohammad Ikhsan (Staf Ahli  Wakil  Presiden) dan  Hendra  Sinadia  (Direktur  Eksekutif  APBI) dengan moderator Singgih Widagdo (anggota Komite Hubungan Eksternal APBI-ICMA).

Dalam diskusi tersebut Direktur Eksekutif APBI menyampaikan highlight prospek industri batubara nasional kedepan dan juga tantangan yang dihadapi saat ini dan masa mendatang. Sementara Staf Ahli Wapres menyoroti kondisi perekonomian nasional serta peran industry batubara dalam mendukung perekonomian nasional. Sedangkan Direktur Jenderal Perhubungan Laut memaparkan secara singkat dukungan Kementerian Perhubungan dalam mendukung kelancaran pengapalan batubara. Adapun Direktur Jenderal Minerba yang hadir belakangan karena harus mengikuti acara pelantikan pejabat di lingkungan Kementerian ESDM, menyampaikan secara singkat posisi pemerintah terkait dengan pelaksanaan kewajiban pemenuhan DMO batubara.

Setelah  Break  acara  di mulai kembali dengan  Sambutan  dari Ketua  Umum  APBI  ( Pandu Sjahrir) yang menyampaikan apresiasi APBI terhadap dukungan para anggota selama ini dan juga dukungan pemerintah serta para stakeholders. APBI berharap pemerintah memberikan dukungan yang kuat agar industri pertambangan batubara bisa terus survive untuk menopang ketahanan energi nasional serta perekonomian nasional. Setelah sambutan Ketua Umum APBI-ICMA dilanjutkan  dengan  penyampaian Keynote Speech  dari  Menteri  ESDM Ignasius  Jonan yang menyoroti perlunya upaya inovasi dari produsen batubara untuk meningkatkan nilai tambah batubara paling tidak pengembangan DME. Menteri ESDM juga menyampaikan paparan keberhasilan (achievement) selama 4 tahun pemerintahan Jokowi – Jusuf Kalla. Dalam kesempatan tersebut Menteri ESDM juga menyebutkan pandangan pemerintah dalam mendukung penerapan HBA khusus batubara untuk kelistrikan nasional. 

Acara 29th  Anniversary dilanjutkan  dengan  ceremonial  pemotongan  “Nasi Tumpeng”  sebagai  bentuk syukuran  APBI  telah mencapai  usia  yang  ke  29.  Pemotongan nasi tumpeng  di lakukan oleh  Ketua  Umum APBI  dan potongan nasi tumpeng pertama  diberikan kepada  Prof.Dr. Subroto  dan potongan  nasi tumpeng kedua  diberikan kepada  menteri  ESDM  Ignasius  Jonan. Prof. Dr. Subroto hingga saat ini melalui Lembaga Bimasena yang dipimpinnya masih terus aktif memperjuangkan sektor

Selesai  acara  pemotongan  nasi tumpeng  acara dilanjutkan dengan  pemberian  penghargaan untuk kategori Pengabdian seumur hidup (Lifetime Achievement Award) kepada Tokoh Pertambangan  kepada  Prof.Dr. Subroto, mantan Menteri Pertambangan dan Energi yang  telah  memberikan andil besar kepada sektor pertambangan batubara hingga berkembang sampai saat ini. Prof. Subroto yang saat ini berusia 95 tahun menyarankan agar APBI-ICMA juga mempertimbangkan untuk memberikan penghargaan kepada Alm. Soetaryo Sigit yang menurut Prof. Subroto merupakan orang yang paling banyak berperan dalam mendesain sektor industri pertambangan di tanah air. Ketua Umum APBI menyanggupi usulan tersebut dan rencananya akan diberikan kepada alm. Soetaryo Sigit (anumerta) di perayaan ke-30 tahun APBI di 2019.

Acara  kembali  dilanjutkan  dengan  penyampaian  Kesan  dan Pesan  yang  disampaikan oleh  Milawarma  sebagai perwakilan dari penasehat APBI-ICMA periode 2018-2021  dan  Prof. Irwandi  Arif  Ketua Indonesian Mining Institute (IMA) mewakili asosiasi/ stakeholders di sektor pertambangan minerba. Di akhir  acara  Direktur  Eksekutif  menyampaikan update perkembangan beberapa kegiatan  APBI  Peduli  Lombok  dan Palu.  Dalam  kesempatan tersebut  APBI  menyampaikan apresiasi  dan  terima kasih  yang sebesar-besarnya kepada seluruh perusahaan anggota  APBI  yang telah berkenan menjadi  donatur  bagi  kegiatan  APBI  Peduli  Lombok  dan Palu. Selain itu APBI  menyampaikan  terima kasih yang sebesar-besarnya  kepada  seluruh perusahaan  anggota  APBI yang bekerja sama dengan ESDM  yang telah terjun  langsung dalam memberikan bantuan langsung  kepada  para korban di Palu.

Related Regular News: