PT.BUKIT ASAM BIDIK PRODUKSI BATU BARA KALORI TINGGI 4 JUTA TON

PT.BUKIT ASAM BIDIK PRODUKSI BATU BARA KALORI TINGGI 4 JUTA TON

JAKARTA, APBI-ICMA : Emiten pertambangan batu bara PT Bukit Asam Tbk. (PTBA) menargetkan produksi batu bara High Calorie Value (CV) atau kalori tinggi pada 2019 mencapai 3,5 juta—4 juta ton.Direktur Niaga PTBA Adib Ubaidillah menyampaikan, pada tahun depan perusahaan akan meningkatkan produksi dan penjualan batu bara High CV sekitar 3,5 juta—4 juta ton.

Volume itu meningkat signifikan dari estimasi produksi tahun ini di kisaran 1 juta—1,5 juta ton.“Tahun depan kami bisa meningkatkan produksi High CV karena memang areanya sudah terbuka dengan baik. Tinggal proses penambangannya saja ditingkatkan,” ujarnya, Rabu (14/11/2018).

Pada tahun ini, perseroan mulai memasarkan produk premium ke pasar ekspor pada Agustus 2018. Kisaran kualitas kalori batu bara tersebut ialah 6.100—6.700 Kcal/kg.

Menurut Adib, keuntungan menjual produk High CV ialah harganya yang mengikuti Newcastle Index sehingga perusahaan mendapatkan margin keuntungan yang lebih besar dibandingkan memasarkan batu bara thermal.

Selain itu, ongkos angkut ke negara-negara konsumen di Asia lebih bersaing dibandingkan produk premium serupa yang dijual dari Australia.

Sejumlah pasar batu bara High CV PTBA adalah Jepang, Taiwan, Malaysia, dan Taiwan. Perusahaan sedang mematangkan perjanjian dengan pembeli dari Negeri Sakura untuk tahun depan sebesar 1 juta ton.

Sumber :

http://market.bisnis.com/read/20181114/192/859679/bukit-asam-ptba-bidik-produksi-batu-bara-kalori-tinggi-4-juta-ton