Dukung Transisi Energi, TOBA Kembangkan Pembangkit EBT 1 Gigawatt hingga 2030

Source: https://www.idxchannel.com/market-news/dukung-transisi-energi-toba-kembangkan-pembangkit-ebt-1-gigawatt-hingga-2030

 

IDXChannel - PT TBS Energi Utama Tbk (TOBA) mendukung upaya pemerintah melakukan transisi energi. Perseroan pun menargetkan pembangunan pembangkit listrik energi baru terbarukan (EBT) dengan total kapasitas 1 gigawatt (GW) hingga 2030.

Wakil Presiden Direktur TOBA, Pandu Patria Sjahrir menjelaskan target tersebut bakal dicapai melalui pengembangan Pembangkit Listrik Tenaga Mini-hidro (PLTMH), bayu, biomassa, panel surya hingga waste to energy.

“Saat ini perseroan telah memulai tahap konstruksi satu proyek PLTMH yang berlokasi di Lampung, dengan kapasitas sebesar 2x3 MW dan akan rampung sesuai target COD PLN di 2024,” kata Pandu dalam keterangan resminya, Kamis (1/12/2022).

Pandu menyebut, kinerja keuangan yang positif dari TBS hingga kuartal ke-3 menjadi modal penting bagi perseroan untuk melakukan reinvestasi pada dua pilar bisnis hijau yang dimiliki perseroan, yaitu energi terbarukan dan pembangunan ekosistem kendaraan listrik.

Hingga akhir September 2022, perseroan mencatat total pendapatan sebesar USD469 juta, tumbuh 64% dari realisasi periode yang sama tahun lalu. Perseroan juga membukukan laba bersih sebesar USD84 juta, atau naik 86% dibandingkan tahun lalu.

Di sisi lain, ekosistem kendaraan listrik yang digarap perseroan melalui perusahaan patungannya dengan PT GoTo Gojek Tokopedia (GOTO) yakni Electrum. Perseroan menargetkan proses pembangunan fasilitas perakitan dan manufaktur motor listrik dapat dilakukan di tahun depan.

Berdasarkan data perseroan, hingga akhir tahun ini Electrum berhasil menempuh jarak hingga 4,5 juta kilometer melalui pilot project dengan kurang lebih 500 motor.

“Antusiasme yang tinggi di tengah-tengah masyarakat menjadi catatan penting, bahwa adopsi penggunaan motor listrik untuk melengkapi gaya hidup sehat dalam bermobilisasi sangat dibutuhkan,” ujar Pandu.

Untuk mendorong transformasi bisnis TBS, perseroan juga telah mendirikan sub-holding baru yaitu PT Energi Baru TBS atau EBT, dengan berfokus pada semua bisnis energi baru terbarukan dan kendaraan listrik.

Melalui komitmen TBS2030, TOBA juga mengintegrasikan prinsip ESG ke dalam strategi bisnis secara holistik dengan tiga pilar utama, yaitu Thriving Environment (Lingkungan yang Lestari), Empowered People (Masyarakat Berdaya), dan Trusted Partner (Mitra Terpercaya).

Adapun, tiga pilar utama TBS2030 terdiri dari 12 goals dengan metrics dan metodologi pengukuran yang jelas. Hasilnya bakal dilaporkan setiap tahunnya di laporan keberlanjutan perusahaan.

(FRI)

Related Regular News: