RI Bisa Buka Keran Ekspor Pekan Ini, Batu Bara Bakal Jeblok?

Sumber : https://www.cnbcindonesia.com/market/20220110073115-17-305868/ri-bisa-buka-keran-ekspor-pekan-ini-batu-bara-bakal-jeblok

 

Harga batu bara melesat 16,6% sepanjang pekan lalu. Kebijakan larangan ekspor baru bara Indonesia masih menjadi salah satu pendongkrak harga si batu hitam. Tetapi di pekan ini ada kemungkinan keran ekspor akan kembali dibuka, dan harga baru bara berisiko terkoreksi. 

Harga batu bara di pasar ICE Newcastle (Australia) ditutup di US$ 177/ton pada Jumat (7/1/2022). Sehari sebelumnya bahkan sempat melesat 'terbang' lebih dari 11,35%.

Pemerintah memutuskan menyetop ekspor batu bara selama sebulan. Langkah ini terpaksa dilakukan karena pasokan batu bara ke pembangkit listrik menipis.Lonjakan harga batu bara akibat kecemasan terhadap pasokan dunia setelah pemerintah Indonesia mengumumkan kebijakan yang mengguncang dunia.

Masalahnya, Indonesia adalah eksportir batu bara terbesar dunia. China, India, Jepang, dan berbagai negara bergantung kepada pasokan batu bara dari Tanah Air.

Jepang, yang mengimpor sekitar 2 juta ton batu bara Indonesia per bulan, mengirim surat agar pemerintah Indonesia mengizinkan ekspor batu bara kalori tinggi ke Negeri Matahari Terbit. Alasannya, batu bara kalori tinggi tidak dipakai di pembangkit listrik Indonesia. Lima kapal angkut batu bara yang sedianya menuju ke Jepang masih tertahan di pelabuhan.

Begitu juga dengan Korea Selatan yang melalui Menteri Perdagangan Yeo Han-koo telah meminta dengan sangat kepada Indonesia agar segera mencabut larangan ekspor batu bara.

Permintaan ini disampaikan Yeo dalam rapat secara daring dengan Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi. Dalam rapat itu, kedua menteri sepakat tentang pentingnya kerja sama dalam jaringan pasokan global dan menekankan perlunya upaya bilateral untuk rantai pasokan komoditas yang stabil.

Sementara, pemerintah India membisikkan kepada Reuters bahwa mereka belum membuat kontak dengan Indonesia. Sebab, pasokan batu bara India sudah memadai, impor sudah dilakukan sejak jauh-jauh hari.

 

Keran Ekspor Bakal Dibuka Lagi Pekan Ini?

Sementara, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengungkapkan, ada kemungkinan keran ekspor batu bara bisa dibuka pada pekan ini.

Menurutnya, dibukanya keran ekspor dapat dilakukan jika stok batu bara untuk kepentingan dalam negeri, terutama untuk pembangkit listrik PT PLN (Persero) bisa terpenuhi.

"Ya kalau stok kita dan cadangan kita sudah memenuhi untuk kebutuhan PLN dan dalam negeri, boleh ekspor," ungkapnya saat ditanya wartawan di kantornya, Jumat (07/01/2022).

"Kalau sudah terpenuhi dalam minggu-minggu besok, sudah ada kepastian 5-6 juta ya boleh kita ekspor," lanjutnya.

Jika keran ekspor kembali dibuka, kecemasan akan mereda dan harga batu bara. 

 

TIM RISET CNBC INDONESIA 

Related Regular News: